SAKSIKAN: Maut mengintai dari balik panci

Diego Batara, Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SAKSIKAN: Maut mengintai dari balik panci

ANTARA FOTO

Dalam enam bulan terakhir terjadi tiga kasus bom panci

JAKARTA, Indonesia — Hari masih terang ketika sebuah ledakan tiba-tiba terdengar dari rumah kontrakkan yang berdiri di Kecamatan Buah Batu, Bandung, Sabtu sore, 8 Juli 2017.

Belakangan diketahui ledakan tersebut berasal dari bom panci. Bom tersebut diduga milik seorang pemuda berinisial AW yang masih berusia 21 tahun.

Dari keterangan AW juga diketahui jika dirinya berencana meledakkan tiga tempat di Bandung. Untungnya bom meledak secara tak terduga di dalam kontrakkan, membuat rencana AW meledakkan tiga tempat berantakkan.

Polisi menyebut AW sehari-hari bekerja sebagai pedagang bakso. Ia mempelajari cara merakit bom melalui dunia maya dan dari beberapa akun grup di media sosial.

Publik pun bertanya-tanya sedemikian mudahkah merakit bom panci sehingga pemuda berusia 21 tahun bisa membuatnya? Dan, AW bukan yang pertama merakit bom panci.

(Baca: Teror bom panci kembali menghantui warga Bandung)

Dua ledakan yang menggegerkan Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada 24 Mei lalu juga berasal dari bom panci. Akibat ledakan ini, tiga anggota Polri tewas. Dua pelaku bom bunuh diri juga tewas di tempat.

Ledakan di Kampung Melayu pun mirip dengan bom panci yang meledak di Cicendo, Bandung, pada Februari 2017. Untungnya, tak ada korban jiwa dalam ledakan di Cicendo.

“Panci yang digunakan pelaku bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu mirip dengan panci yang digunakan pelaku bom di Cicendo Bandung,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto.

Rentetan ledakan dan teror bom panci memang membuat kita miris, karena maut pun kini bisa mengintai dari balik panci. Sebab, meski namanya tidak begitu seram, bom panci, namun daya ledaknya bisa begitu merusak dan mematikan. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!