Perppu Ormas diterbitkan, Polri siapkan alternatif penindakan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Perppu Ormas diterbitkan, Polri siapkan alternatif penindakan
"Nanti kami akan diskusikan dengan Menko (Wiranto)."

JAKARTA, Indonesia — Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan akan berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang ormas. 

Hal ini untuk menyatukan persepsi bagaimana menindaklanjuti Perppu tersebut dalam menindak ormas anti-Pancasila itu. “Nanti kami akan diskusikan dengan Menko (Wiranto),” kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu 12 Juli 2017.

Tito menambahkan, pembahasan soal realisasi Perppu tersebut juga perlu dibahas dengan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam menafsirkan pelaksaan atau penindakan ormas anti-Pancasila. “Perlu ada koordinasi beberapa instansi,” kata dia.

Sementara Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menambahkan, pihaknya sudah menyediakan sejumlah alternatif untuk menindak ormas anti-Pancasila. 

Namun, dia sepakat dengan atasannya terkait pelaksanaannya menunggu dari Kemenkumham yang diberikan kebijakan menentukan ormas mana yang anti-Pancasila.

“Kami sudah siapkan beberapa alternatif pelaksanakan. Kami tunggu dulu pernyataan resmi pemerintah,” kata Setyo tanpa menyebut apa saja alternatif tindakan yang telah disiapkan. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!