Ini ciri fisik salah satu penyerang Novel Baswedan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ini ciri fisik salah satu penyerang Novel Baswedan
Empat terduga pelaku yang pernah ditangkap Polri tidak sesuai dengan ciri fisik yang diungkap Kapolri Tito Karnavian

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya memanggil Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian ke Istana untuk bertanya mengenai perkembangan kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan. Desakan publik terhadap pemerintah semakin tinggi, lantaran 100 hari berlalu, namun Polri belum mampu mengungkap pelaku dan otak di balik penyiraman air keras kepada Novel.

Kepada Jokowi, Tito menjelaskan bahwa Polri sudah memeriksa 59 saksi. Keterangan mereka sudah semuanya didengar. Begitu pula alibi masing-masing saksi.

Bahkan, lima orang sudah sempat ditangkap, termasuk Miryam S. Haryani yang diduga mengetahui peristiwa penyiraman air keras tersebut. Sementara, sisa empat orang lainnya yakni berinisial M,H, AL dan Miko.

“Kami sudah mengecek kelima alibi mereka. Kemudian, kami lakukan pemeriksaan mendalam, IT, saksi-saksi dan lain-lain. Kami kemudian tidak mendapatkan hubungan antara lima orang yang kami amankan dengan peristiwa penganiayaan,” ujar Tito ketika memberikan keterangan pers di Istana Merdeka pada Senin, 31 Juli.

Oleh sebab itu, kelimanya dilepaskan oleh polisi. Polri juga berburu petunjuk dengan memeriksa 50 kamera CCTV yang merekam peristiwa tersebut dalam radius satu kilometer. Kemudian, mereka turut mendatangi 100 lebih toko kimia yang menjual H2SO4.

Petunjuk juga digali dengan bertanya kepada para saksi. Namun, Polri mengaku kesulitan mengungkap pelaku, karena belum ada saksi yang benar-benar melihat wajah pelaku penyiraman ketika peristiwa itu terjadi pada 11 April lalu.

“Kami juga sudah meminta keterangan dari dua orang ibu yang mengenakan mukena dan ikut berjalan pulang dari masjid menuju ke rumah bersama Novel. Namun, mereka hanya melihat peristiwa, tapi tidak melihat wajah tersangka,” kata Tito.

Belakangan, ada titik terang, ketika Polri berhasil menemukan saksi yang cukup penting. Dia melihat selama lima menit sebelum peristiwa peneroran itu terjadi.

Menurut saksi tersebut, ada orang misterius yang berdiri di dekat masjid di dekat kediaman Novel di area Kelapa Gading. Sosok yang mencurigakan itu, kata dia, diduga adalah pengendara sepeda motor yang membonceng si penyiram.

Akhirnya, Polri mulai membuat sketsa tangan dengan menggunakan teknologi paling mutakhir. Polri pun ikut menggandeng kepolisian Australia (AFP) untuk merekonstruksi wajah terduga pelaku dengan menggunakan sistem komputer.

“Ini mungkin belum dipublish karena (keterangannya) mungkin baru (diperoleh) dua hari lalu,” tutur mantan Kepala Densus 88 Anti Teror itu.

Lalu, seperti apa ciri-ciri orang yang diduga menjadi pengendara sepeda motor? Tito memaparkan tinggi badan terduga pelaku 167-170 centimeter, kulit agak hitam, rambut keriting dan badan cukup ramping.

“Nah, kalau kami lihat, ini agak berbeda dengan empat orang yang sudah diperiksa sebelumnya,” tutur dia.

Dari tiga orang yang sudah diperiksa polisi, termasuk Lestaluhu, tidak memiliki ciri-ciri tersebut. Lestaluhu hanya memiliki tinggi badan 157 centimeter.

“Semua saksi yang telah diperiksa mengatakan pelakunya bukan lah keempat orang ini (yang pernah ditangkap polisi). Kami sudah dalami empat orang ini alibinya dan terbukti mereka tidak ada di TKP,” katanya.

Segera berangkat ke Singapura

Langkah selanjutnya yaitu antara Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membicarakan prosedur pemeriksaan terhadap Novel di Singapura. Supaya berimbang, Polri juga akan meminta perwakilan dari lembaga anti rasuah itu ikut mendampingi ke Negeri Singa.

“Namun, sampai hari ini, informasi dari KPK mengenai keberangkatan ke Singapura belum kami terima. Mungkin dalam beberapa ke depan. Minggu ini, kami akan melakukan pembicaraan dengan komisioner KPK untuk membahas langkah-langkah ini,” tutur Tito. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!