4 tip memulai bisnis kuliner yang Instagram-able

Yoshi Nathania

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

4 tip memulai bisnis kuliner yang Instagram-able

Romy Palar - 087781096141

Banyak tempat makan yang semakin terkenal karena banyak faktor, salah satunya adalah lokasi dan dekorasinya yang mengundang minta untuk berfoto

JAKARTA, Indonesia —Bisnis kuliner semakin marak dirintis di berbagi tempat. Banyak faktor yang membuat sebuah usaha kuliner sering dikunjungi oleh banyak pelanggan. Salah satunya adalah faktor tempat yang unik dan dekorasi yang menarik.

Hal tersebut membuat pelanggan yang datang mulai mendokumentasikan hal tersebut dan menggugahnya ke akun social media sehingga banyak orang yang penasaran dan datang dengan sendirinya.

(BACA JUGA: 5 trik sederhana untuk menghasilkan foto makanan yang Instagram-able)

Jika kamu sedang memiliki keinginan merintis bisnis kuliner yang Instagram-able, ada baiknya untuk menyimak 4 tip di bawah ini.

Pilih segmen dan lokasi

Dalam merintis bisnis, kamu harus menetapkan terlebih dahulu target yang spesifik yang kamu ingin sasar. Jika kamu ingin restoran atau bisnis kulinermu banyak dikunjungi oleh anak muda, maka buatlah konsep dan cari lokasi yang sesuai dengan apa yang disukai oleh anak muda zaman sekarang.

Pilih juga lokasi yang dengan keseharian target sasaranmu. Kalau anak muda, mungkin bisa menyasar lokasi dekat kampus atau dekat tempat nongkrong yang sudah ada.

Menu up to date

Namanya bisnis kuliner, jualan utamanya tentu hidangan makanan dan minuman. Tapi bedanya, cobalah menawarkan beragam pilihan menu dengan rasa dan kemasan yang baik. Ingat, kalau sasarannya untuk pengguna media sosial, tentu kemasan dan cara penyajian jadi hal yang utama.

Mungkin menunya bisa sama dengan restoran lain. Namun jika cara penyajian dan pengemasan menunya up to date, tentu orang akan lebih tertarik untuk datang.

Dekorasi tema

Kunci dari bisnis kuliner yang Instagramable, selain menu, tentu dekorasi. Desain eksterior dan interior jadi kunci utama. Pelru investasi besar untuk urusan ini. Lebih baik untuk memilih tema yang sama untuk dijadikan dekorasi restoranmu kelak. Tambahkan dekorasi, foto dan lukisan atau perabotan yang kekinian mengkuti zaman.

Bagaimana pun juga, salah satu yang akan kamu jual adalah suasana dan atmosfer. Pastikan semua sejalan dengan konsep kekinian di media sosial yang terus berubah. Mungkin nantinya setiap periode waktu tertentu kamu bisa mengganti dekorasi agar pengunjung tidak bosan. Atau cara lain dengan menentukan tema bulanan agar pengunjung terus mendapatkan suasana baru.

Undang food blogger

Food blogger memiliki pengaruh yang besar dalam mempromosikan bisnis kuliner masa kini. Undanglah beberapa food blogger yang dapat memberikan review yang sesuai dengan keadaan restoranmu. Jika mereka menyukainya, maka rekomendasinya akan sangat penting untuk menarik pengunjung yang lebih banyak lagi. —Rappler.com

Artikel ini merupakan hasil kerjasama Rappler Indonesia dengan IDN Times

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!