Daftar pembicara Social Good Summit Jakarta 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Daftar pembicara Social Good Summit Jakarta 2017
Siapa saja yang akan berbagi cerita dan memeriahkan Social Good Summit Jakarta 2017?

JAKARTA, Indonesia — Untuk ketiga kalinya berturut-turut, Rappler Indonesia bekerjasama dengan Badan Program Pembangunan Persatuan Bangsa-Bangsa (United Nations Development Program/UNDP) menyelenggarakan Social Good Summit 2017.

Tahun ini, SGS akan diadakan pada:

Rabu, 4 Oktober 2017

Function Hall, Plaza Indonesia, level 2

Jalan MH Thamrin no. 28-30, Jakarta Pusat

9:00 WIB – 15:00 WIB

SGS diadakan setiap tahun selama berlangsungnya pekan Sidang Majelis Umum PBB. Peserta adalah para pemimpin komunitas yang dinamis, pesohor di dunia hiburan dan olahraga, penggiat sipil dan kalangan pemuka muda termasuk mahasiswa/i, yang mendiskusikan tantangan terbesar bagi dunia saat ini sampai pencapaian 17 sektor target Sustainable Development Goals (SDGs), mulai dari pemberantasan kemiskinan, pemberantasan dan pencegahan korupsi, perlindungan lingkungan, promosi energi terbarukan sampai sektor pendidikan dan kesehatan.

SGS Jakarta tahun ini bertemakan Marine Biodiversity Conservation For a Lasting Prosperity For The People, dan akan dihadiri pembicara kunci Menteri Koordinator Maritim RI Luhut Binsar Panjaitan.

Acara akan dipandu oleh aktivis Save Sharks Riyanni Djangkaru yang juga menjadi moderator untuk sesi-sesi diskusi panel yang dihadiri oleh sejumlah tokoh ternama. Siapa saja mereka? Cek daftarnya di bawah ini

SGS 2017 juga akan dimeriahkan oleh komika Adriano Qalbi dan musisi Calvin Jeremy di penghujung acara.

(BACA JUGA: Social Good Summit Jakarta 2017: Bicara dunia di #2030)

Host dan moderator

Riyanni Djangkaru – Aktivis Save Sharks Indonesia 

Riyanni Djangkaru adalah mantan presenter Jejak Petualang di TV7 (sekarang Trans 7). Wanita kelahiran 1980 ini sangat peduli pada isu alam, terutama bawah laut. Pernah membangun dan aktif sebagai pemimpin redaksi di Divemag Indonesia. Ia juga membangun komunitas Save Sharks Indonesia dan aktif mengampanyekan keseimbangan ekosistem laut hingga kini. 

Keynote Speaker

Luhut Binsar Pandjaitan – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia

Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan; Menteri Perindustrian dan Perdagangan, serta menjadi Plt Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Ia juga merupakan seorang purnawirawan TNI. Luhut juga seseorang yang peduli pada pengembangan masyarakat, dan mendirikan Yayasan Del pada 2001. Pada 2011, ia meraih Ernst & Young Entrepreneur of the Year terkait kontribusi pada pengembangan sosial.

Diskusi Panel: Save Our Oceans

Irine Yusiana Roba – Anggota DPR Komisi X Fraksi PDIP

Irine Roba adalah anggota DPR RI periode 2014-2019. Ia kini bertugas di Komisi X yang membidangi olahraga, pendidikan, budaya, dan pariwisata. Sebelumnya, Irine aktif di Departemen Pemuda dan Olahraga DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Dedi Adhuri – Ahli Antropologi Maritim LIPI

Dedi Adhuri adalah peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ia juga kerap menjadi dosen tamu dan memberikan kuliah umum di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Diponegoro, Semarang; dan Universitas Hasanuddin, Makassar.  

Wawan Ridwan – Direktur Program Konservasi Segitiga Terumbu Karang WWF Indonesia

Wawan Ridwan memiliki kecintaan pada alam, terutama keindahan laut dan menyelam. Sejak bergabung di WWF Indonesia pada 2001, Wawan sudah memimpin sejumlah proyek, di antaranya adalah program gabungan WWF-The Nature Conservacy di Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara; WWF-ITTO di Taman Nasional Betung Kerihun, Kalimantan Barat; dan Nature Research Management WWF-Indonesia Sundaland Bioregion pada 2002.

Diskusi Panel: Youth and Community Involvement for Social Good

Dini Widiastuti – Direktur Eksekutif Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBC WE)

Dini merupakan Direktur Eksekutif Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBC WE). Sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia tahun 1996 ini pernah membuat sejumlah proyek, salah satunya adalah Restoring Coastal Livelihood yang berfokus pada meningkatkan keamanan mata pencaharian dan kesejahteraan masyarakat pesisir pantai di Sulawesi Selatan. 

Sebelumnya, Dini juga pernah bekerja di Oxfam Indonesia sebagai Direktur Program Keadilan Ekonomi dan Catholic Agency For Overseas Development (CAFOD) sebagai Manajer Program untuk Asia Tenggara (Indonesia dan Timor Leste).

Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei (Asumsi) — Presenter acara politik anak muda

Pangeran Siahaan adalah presenter sebuah media olahraga. Ia juga aktif menulis, membuat buku, dan menjadi pengamat olahraga dan media sosial. Pangeran juga menjadi penggagas sekaligus penulis utama dalam program acara Provocative Proactive di Metro TV, serta mendirikan Ayo Vote, gerakan independen yang mengajak anak muda aktif dalam pemilihan umum. 

Kini, bersama Iman Sjafei, ia membuat Asumsi di YouTube untuk membicarakan isu sosial politik terkini. Iman juga pernah menjadi tim kreatif dan penulis naskah program acara Provocative Proactive di Metro TV.

Iman Brotoseno – Sutradara, diver, blogger

Iman Brotoseno adalah seorang sutradara film layar lebar, sutradara film iklan, pula blogger. Ia mengelola situs dunialaut.com, yang berisi kumpulan cerita dan foto-foto tentang kekayaan alam hayati lautan Indonesia. 

Closing Speech

Abdul Qowi Bastian – Community Engagement Lead Rappler Indonesia

Abdul Qowi Bastian adalah editor Rappler Indonesia dan dosen jurnalistik di Universitas Multimedia Nusantara (UMN).  

Standup Comedy

Adriano Qalbi – Komika

Adriano Qalbi adalah seorang komika yang telah melakukan stand-up comedy selama 6 tahun. Topik bahasan yang sering dibawakan adalah pengamatan relationship sampai dengan sosial politik. Sekarang dia sedang menyelesaikan tur pertunjukan komedi spesialnya yang berjudul “Lo Pikir, Lo Keren?” ke berbagai kota, dan akan merilis Direct Download dari pertunjukan tersebut. 

Musical Performance

Calvin Jeremy – Musisi

Calvin Jeremy adalah penyanyi dan penulis lagu pop asal Jakarta. Ia memulai karier musiknya pada 2010 dan telah meluncurkan dua buah album. Beberapa single yang terkenal dari Calvin Jeremy di antaranya berjudul “Dua Cinta Satu Hati”, “Ada Untukmu”, dan “Nostalgia”.

Suci Izzati – Pemenang 2030 Global Goals Original Songwriting Contest

Pada April 2017, Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) di Tiongkok mengadakan lomba 2030 Global Goals Original Songwriting Contest. Perlombaan ini dibuat untuk menyebarkan pesan pembangunan jangka panjang ke seluruh dunia. Musisi terkenal Lao Lang dan sejumlah profesional dari sejumlah institusi ternama didapuk menjadi jurinya. Setelah melewati beberapa tahapan, Suci terpilih menjadi juara utama dalam kontes tersebut. Lagu yang dibuat Suci akan diproduksi secara profesional dan video musiknya akan diisi oleh sejumlah selebriti ternama dunia.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!