Lima tim memburu gelar Liga 1, siapa favorit juara?

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Lima tim memburu gelar Liga 1, siapa favorit juara?
Kompetisi tinggal lima pekan lagi. Belum ada yang bisa mengunci gelar.

JAKARTA, Indonesia – Kompetisi Liga 1 2017 hanya tinggal menyisakan lima pekan lagi. Jalan menuju tangga juara masih belum bisa dipastikan meski saat ini Bhayangkara FC menjadi pemuncak klasemen dengan torehan 59 poin. Setiap tim masih bisa terjungkal karena selisih poin antar tim tak besar.

Bagaimana hitung-hitungan menuju tangga juara?

1. Bhayangkara FC 

Bhayangkara FC boleh gagal meraih kemenangan pada pekan ke-29. Tapi, mereka beruntung karena pesaing terkuat, Bali United, tak bisa mendekat sehingga marjin poin masih empat angka. Saat ini, Bhayangkara dengan 59 poin dan Bali United hanya lima poin. 

Lima laga tersisa Bhayangkara FC adalah dua away dan tiga kandang. Andai bisa menyapu tiga laga kandang pun, mereka masih harus berjuang keras. Setidaknya pada laga tandang tim berjuluk The Guardian itu bisa mencuri minimal dua poin untuk mempertahankan posisinya saat ini dan bisa meraih gelar juara. 

  • vs PSM Makassar (home/prediksi imbang) 
  • vs Madura United (away/kalah)
  • vs Persela Lamongan (home/menang) 
  • vs Mitra Kukar (away/menang)
  • vs Persija Jakarta (Home/kalah) 

Perhitungan yang logis saat ini adalah dari lima laga, poin Bhayangkara hanya akan bertambah tujuh poin. Itu berarti raihan poin mereka bakal ada di kisaran 66 poin. Belum aman. Sebab, kalau ingin mempertahankan jarak dengan lawan, minimal mereka bisa terus menjaga marjin poin yang ada saat ini sampai tiga pekan ke depan.

Dengan hitungan ini, angka aman yang harus didapatkan oleh tim kepolisian ini adalah 12 poin alias minimal meraih empat kemenangan dari lima laga sisa. 

2. Bali United 

Bhayangkara FC dan Bali United tak terpaut jauh. Mereka saling berkejaran di posisi runner up dan pimpinan klasemen. Kali ini Bali United punya torehan 55 poin. Kurang empat angka untuk bisa menyamai perolehan Bhayangkara FC.

Melihat lawan yang akan dihadapi, Bali United yang juga memiliki lima laga tersisa. Diprediksi akan lebih berpeluang besar mendulang poin banyak karena praktis hanya tersisa PSM Makassar sebagai lawan berat dihadapi di pekan ke-33 nanti di kandang tim Juku Eja tersebut. 

  • vs PS TNI (home/menang)
  • vs Barito Putera (away/imbang)
  • vs Sriwijaya FC (home/menang)
  • vs PSM Makassar (away/kalah)
  • vs Gresik United (home/menang)

Hitung-hitungan poin di atas, bisa saja berubah saat melawat ke kandang Barito Putera. Sebab,dalam urusan adu strategi, Jacksen F Tiago (pelatih Barito) masih kalah dengan juru taktik Bali United, Widodo C Putro. Terbukti, di putaran pertama lalu, Bali United menghajar Barito Putera dengan skor 5-0.

Melihat hal ini, bisa jadi Bali United mendapatkan tambahan 10 sampai 12 poin. Dengan 55 poin saat ini, maka poin maksimal yang mungkin ditorehkan oleh Bali United adalah 57. Karena itu, Bali United tak boleh lagi meraih hasil imbang apabila masih ingin terus bersaing di jalan menuju tangga juara. 

3. PSM Makassar 

PSM Makassar di pekan ke-30 harus menghadapi pemuncak klasemen Bhayangkara FC. Lokasinya di kandang lawan. Kalau bisa memberikan kejutan atau minimal mencuri poin, pekerjaan rumah PSM belum habis. Sebab, mereka harus menghadapi lawan berat lainnya, Bali United dan Madura United.

Apabila itu bisa dijalani, PSM yang punya poin sama dengan Bali United (55 poin) bisa saja menyodok dan tampil sebagai juara Liga 1.

  • vs Bhayangkara FC (away/imbang)
  • vs Persiba Balikpapan (home/menang)
  • vs Barito Putera (away/imbang)
  • vs Bali United (home/menang)
  • vs Madura United (home/imbang) 

Jika prediksi di atas terwujud, maka PSM hanya bisa mengoleksi tambahan poin sebanyak 10 angka. Dengan 55 poin yang dimiliki saat ini, mencapai 65 poin sudah cukup bagus bagi tim Ayam Jantan dari Timur itu.

Apabila ingin memuluskan target menjadi juara Liga 1 2017, maka mau tidak mau PSM harus bisa menghajar tim-tim besar untuk bisa menyalip dua tim di atas mereka, Bali United dan Bhayangkara FC.

4. Madura United 

Kans Madura United untuk meraih gelar juara Liga 1 2017 memang belum tertutup. Tapi, bisa dikatakan cukup tipis. Agenda mereka bukan hanya mengejar perolehan poin yang terpaut jauh dari pemuncak klasemen (6 poin).

Madura United yang baru mengoleksi 53 angka juga harus menghadapi sederet lawan berat. Di sisi lain, mereka juga akan lebih banyak menggelar laga away dibanding home

  • vs Persib Bandung (away/kalah)
  • vs Bhayangkara FCC (home/menang)
  • vs Persiba Balikpapan (away/imbang)
  • vs Barito Putera (home/menang)
  • vs PSM (away/imbang)

Dengan perhitungan prediksi poin dari lima laga tersisa tim Sapeh Kerrab di atas, maka sisa pertandingan MU memang tak mendukung untuk menjadi jawara. Tim dari Pulau Garam itu kemungkinan hanya bisa mengumpulkan poin di kisaran antara 61 atau 62 poin saja. 

5. Persipura Si Kuda Hitam 

Mentalitas Persipura Jayapura tak perlu diragukan. Tim yang pada kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lalu menjadi juara tersebut mampu konsisten di papan atas dalam beberapa musim terakhir.

Di Indonesia Super League (ISL) 2014, mereka memang kalah dari Persib Bandung dalam perburuan gelar juara. Namun, permainan mereka tetap konsisten sampai menit akhir. 

  • vs Persija (home/menang)
  • vs Perseru (away/kalah)
  • vs Arema FC (home/menang)
  • vs PS TNI (away/menang)
  • vs vs Sriwijaya FC (home/menang)

Melihat sisa laga Persipura, mereka bisa digolongkan sebagai tim yang diuntungkan dengan laga home lebih banyak. Bahkan, lawan saat away tak terlampau berat. Hambatan Persipura hanya ada di kandang saat menjamu Arema FC di pekan ke-32.

Selebihnya, mereka diyakini bisa meraih kemenangan. Dengan prediksi memenangi empat laga tersisa dan takluk di  laga kontra Arema, Persipura maksimal dapat tambahan 12 poin. Totalnya, 65 poin dari 53 yang dimiliki saat ini.

Mereka bisa saja meraup 68 poin. Itu jika dalam laga tersisa mereka benar-benar bermain gila dan menyapu semua pertandingan dengan kemenangan.– Rappler.com  

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!