Presiden Jokowi tiba di Manila untuk mengikuti KTT ke-31 ASEAN

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Presiden Jokowi tiba di Manila untuk mengikuti KTT ke-31 ASEAN
Pada April lalu, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Filipina dan disambut Presiden Duterte

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo kembali berkunjung ke Manila. Kali ini untuk menghadiri KTT ke-31 ASEAN dan pertemuan tingkat tinggi terkait.

Sebelumnya, Jokowi juga telah menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam bersama Presiden Rodrigo Duterte pada akhir pekan ini. Jokowi tiba di Bandara Internasional Clark sekitar pukul 11:00 waktu setempat pada Minggu, 12 November.

Ini bukan kali pertama Jokowi berkunjung ke Filipina yang kini dipimpin Duterte. Mantan Walikota Davao itu juga pernah menyambut Jokowi ketika melakukan kunjungan kenegaraan pada April lalu sebelum digelar KTT ke-30 ASEAN. Duterte juga dijamu oleh Jokowi ketika ia berkunjung ke Indonesia pada September 2016.

Kedua negara saat ini menghadapi permasalahan yang serupa, kendati Indonesia secara geografis lebih besar dari Filipina. Beberapa isu yang dihadapi kedua negara termasuk perang melawan narkoba, terorisme, dan keamanan maritim di Laut Sulu.

Dua negara juga menjadi mitra dalam kerjasama ekonomi, pembangunan infrastruktur, upaya menghadapi terorisme dan isu lainnya.

Kedua negara juga tidak canggung mengatakan bahwa mereka saling menghormati.

“Saya suka Presiden Duterte,” ujar Jokowi ketika bertemu di Manila pada April lalu. (BACA: Jokowi: I like President Duterte)

Jokowi mengaku kagum terhadap ketegasan Duterte dalam menghadapi isu pemberantasan narkoba. Keduanya juga merasa dekat, karena memiliki jejak karier politik yang sama yakni dari Walikota kecil hingga ke kursi kepresidenan.

Sementara, Duterte menyatakan rasa hormatnya terhadap pemberlakuan hukum di Indonesia, khususnya terkait warganya Mary Jane Veloso. Mary Jane nyaris dieksekusi mati karena menyelundupkan heroin ke Indonesia. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!