PH collegiate sports

Presiden Jokowi: Penegakan HAM masih jadi pekerjaan besar

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Presiden Jokowi: Penegakan HAM masih jadi pekerjaan besar

ANTARA FOTO

"Saya menyadari masih banyak pekerjaan besar, pekerjaan rumah perihal penegakan HAM yang belum bisa tuntas diselesaikan."

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan masih banyak pekerjaan rumah di bidang penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) yang harus segera dituntaskan. 

“Saya menyadari masih banyak pekerjaan besar, pekerjaan rumah perihal penegakan HAM yang belum bisa tuntas diselesaikan,” kata Presiden Joko Widodo kepada media dalam acara peringatan hari HAM Sedunia ke-69 di Solo, Minggu 10 Desember 2017.

Saat ini penanganan sejumlah kasus pelanggaran HAM memang belum tuntas, seperti kasus penembakan misterius 1982-1985, penghilangan orang secara paksa 1997-1998, kerusuhan Mei 1998, peristiwa Trisakti, Semanggi I, dan Semanggi II dan lainnya.

“Hal ini membutuhkan kerja kita semuanya, kerja bersama antara pemerintah pusat dan daerah dan seluruh komponen masyarakat dan dengan kerja bersama kita hadirkan keadilan HAM,” kata Presiden.

Dalam kesempatan tersebut Presiden  mengapresiasi upaya semua pihak yang telah memberikan kontribusi nyata untuk penegakan prinsip-prinsip HAM di Indonesia. Ia juga memuji para gubernur, walikota, bupati yang mengembangkan human rights cities dan mengembangkan daerah yang berwawasan HAM. 

“Dan terima kasih kepada Komnas HAM, dan komnas-komnas lain dan rekan-rekan akitivis HAM yang tiada hentinya memperjuangkan rasa keadilan masyarakat. Selamat Hari HAM Sedunia,” kata Presiden.

Presiden Jokowi juga menyerahkan penghargaan kepada Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Tapin, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kota Surakarta, Kota Gunung Sitoli, dan Kota Bekasi yang meraih meraih peringkat peduli HAM berdasarkan penilaian Kementerian Hukum dan HAM. —Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!