Prediksi Inggris vs Kroasia: Duel hidup mati

Choki Sihotang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Prediksi Inggris vs Kroasia: Duel hidup mati
Kroasia dan Inggris belum pernah bentrok di pentas Piala Dunia

JAKARTA, Indonesia —Laga ini menjadi menarik, karena Kroasia dan Inggris belum pernah bentrok di pentas Piala Dunia. Bisa dibayangkan, betapa keduanya sangat mengharapkan kemenangan. Terlebih, ini duel bergengsi: semifinal.

Hanya kemenangan yang bisa membawa Kroasia atau Inggris ke final. Itu berarti, peluang untuk memenangkan Piala Dunia 2018 kian terbuka lebar.

Bagi Kroasia, ini merupakan semifinal kedua. Mereka melakukannya pertama kali pada 1998, kala Piala Dunia dihelat di Prancis. Prancis pulalah yang menghentikan langkah mereka ke partai puncak.

Sementara, Inggris, ini semifinal ketiga. Tahun 1966, di kandang sendiri, “Tiga Singa” bahkan melaju sampai ke final dan kemudian menjadi juara setelah mengalahkan Jerman Barat di Wembley. Lalu pada 1990. Sayang, saat itu Inggris tumbang di kaki Jerman Barat lewat drama adu penalti.

Bila sejarah pertemuan dijadikan tolak ukur, Inggris lebih dijagokan. Setidaknya, di luar Piala Dunia, keduanya sudah bersua tujuh kali. Hasilnya, Inggris mengemas empat kemenangan. Kroasia hanya dua kali menang. Satu duel lagi berakhir imbang.

Kroasia yang berbeda

Namun Inggris harus ekstra hati-hati kini. Dari babak penyisihan grup hingga lolos ke semifinal, Kroasia yang kini ditukangi Zlatko Dalic tampil begitu memukau. Dalic menegaskan bahwa skuatnya saat ini berbeda dengan skuat sebelumnya. “Kami adalah tim yang kuat dan kami tidak takut kepada siapapun,” tandas Dalic, dilansir FIFA.

Dalic pantas berbangga, sebab Kroasia dihuni pemain-pemain mumpuni di semua lini. Sosok Modric, Mandzukic, Kharamaric, Perisic, serta Ivan Karitic bukan tak mungkin akan menjadi batu sandungan bagi The Three Lions. 

Dalic tak menutup mata, Inggris begitu impresif. Pemain-pemain muda Inggris sama sekali tak canggung bermain di pentas terakbar yang tekanannya jelas jauh lebih berat ketimbang di liga. “Pemain muda mereka hebat-hebat. Tapi saya pastikan bahwa kami masih punya energi berlebih,” kata Dalic. 

Gareth Southgate, juru racik Inggris, mengaku siap menghadapi Kroasia. Duel di Luzhniki Stadium Moskow, Kamis, 11 Juli dini hari WIB, menurutnya, bakal berlangsung ketat. Soalnya, kedua tim sama-sama membidik kemenangan. “Kami bisa sampai ke tahap ini karena semua orang sudah bekerja keras di lapangan dan akan terus melakukannya,” kata Southgate.

Southgate tentulah sedang memuji anak-anak asuhnya, Harry Kane dan kawan-kawan. Minim jam terbang Internasional tak membuat sebagian pemain muda Inggris mati gaya. Mereka justru tampil energik, lepas, bebas. 

Southgate sendiri sukses memahat sejarah. Dia mengikuti jejak dua pelatih legendaris Inggris lainnya,  Alf Ramsey (1966) serta Bobby Robson (1990). Jika sekiranya Inggris lolos ke final dan kemudian memenangkan Piala Dunia di Rusia, maka Southgate bisa dipastikan banjir sanjungan setinggi langit.

Kans yang sama

Tak ada yang mengira sebelumnya, Inggris dan Southgate bisa melangkah jauh. Maklum, dibandingkan tim-tim unggulan lainnya macam Jerman, Spanyol, Argentina, dan Brasil, Inggris tak begitu hebat dari segi materi pemain. Dan lagi pula, Southgate bukanlah pelatih jempolan dengan jam terbang tinggi.

Tiga klub sudah dia arsiteki yakni Crystal Palace, Asdton Villa, dan Middlesbrough. Tak ada trofi yang dia menangkan. Selanjutnya dia dipercaya menukangi timnas U-21, dari 2013 hingga 2016. 

Banyak yang kaget terkait pencapaian Southgate, termasuk legenda Inggris, David Seaman. “Saya sama sekali tak mengira dia menjadi pelatih ketiga yang mampu membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia,” bilang Seaman, dikutip dari BT Sport. 

Inggris atau Kroasiakah yang akan mengamankan tiket ke partai puncak? Susah untuk dijawab, mengingat keduanya sama-sama punya kans. Terlebih di Piala Dunia kali ini, begitu banyak drama yang sudah tersuguh. Tim yang diunggulkan justru terjungkal.

Hanya waktu yang bisa menjawab siapa pemenang Kroasia vs Inggris. Duel hidup mati. Kita tunggu bersama!

Perkiraan susunan pemain

Inggris: Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young, Raheem Sterling, Harry Kane

Kroasia: Danijel Subasic,  Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Josip Pivaric,  Marcelo Brozovic,  Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic,  Mario Mandzukic

Sejarah pertemuan

– 24 April 1996: Inggris vs Kroasia, 0-0 (Persahabatan)
– 20 Agustus 2003: Inggris vs Kroasia, 3-1 (Persahabatan)
– 21 Juni 2004: Kroasia vs Inggris, 2-4 (Piala Eropa)
– 11 Oktober 2006: Kroasia vs Inggris, 2-0 (Piala Eropa)
– 21 November 2007: Inggris vs Kroasia, 2-3 (Piala Eropa)
– 10 September 2008: Kroasia vs Inggris, 1-4 (Kualifikasi Piala Dunia)
– 09 September 2009: Inggris vs Kroasia, 5-1 (Kualifikasi Piala Dunia)

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!