Persija Jakarta vs Semen Padang: Tim tamu ingin curi poin

JAKARTA, Indonesia - Dua tim yang sama-sama tampil baik di laga perdana mereka akan berjumpa dalam laga lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Persija Jakarta, akan adu kecerdikan dengan Semen Padang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu, 8 Mei pukul 18.30 WIB. 

SUGBK dipastikan berwarna oranye hari ini. Puluhan ribu pendukung Persija siap merayakan dan memberikan ucapan selamat datang untuk tim kesayangan mereka yang akhirnya tampil di kandang dan berjuang di ISC.

The Jakmania akan menjadi motivator punggawa Macan Kemayoran saat berjuang menaklukkan Semen Padang. Laga ini menjadi menarik karena kedua tim menampilkan permainan yang apik di laga perdana mereka.

Persija, sukses menahan tuan rumah Persipura Jayapura 1-1, sementara Semen Padang sukses membungkam PSM Makassar dengan skor 2-1 di kandang.

Siap Raih Poin Penuh di SUGBK. #GuePersija #RumahPersija #PersijaDay #TSC2016ID pic.twitter.com/nN3kRxwCh0 — Persija Jakarta (@Persija_Jkt) May 8, 2016

Pelatih Persija Jakarta Paulo Camargo mengaku timnya semakin kondusif. Dia membuktikan bahwa gaya main, skema, dan karakter permainan Persija telah terbentuk dengan melakukan pencoretan terhadap satu pemain, Pierre Boya.

Pemain asing asal Kamerun itu memang memiliki skill dan teknik di atas rata-rata. Sayang, dia dinilai tim pelatih tak bisa menjalankan skema permainan dengan baik.

Bermodal keyakinan tim sudah semakin baik itulah, Camargo optimistis Persija bakal meraih tiga poin di SUGBK. Dia telah menyiapkan strategi, untuk meredam permainan Semen Padang yang menurutnya banyak mengandalkan permainan sayap.

"Tim hanya perlu fokus dan kerja keras sepanjang laga. Permainan kami semakin baik, kemungkinan meraih tiga angka, itu sangat besar, apalgi fans kakan memberikan dukungan yang luar biasa," ujar Camargo, dalam prematch press conference.

Dengan formasi 4-4-2 yang diusung oleh Nil Maizar, pelatih Semen Padang, peran pemain sayap memang dominan. Karena itu, Camargo akan mempercayakan tugas mematikan winger Kabau Sirah kepada Ismed Sofyan dan Andik Rendika Rama. Keduanya memiliki pengalaman, kecepatan, dan bagus dalam duel dengan winger.

Di tengah, Camargo tak perlu khawatir karena sosok Hong Soon-Hak, ternyata tampil ciamik. Dia bisa menjadi pengatur serangan, gelandang jangkar, dan memiliki shooting yang bagus. Karena itu, duel di lini tengah, diyakini bakal dimenangkan Persija.

Jose Adolfo, striker anyar Persija bakal dicoba kembali kemampuannya dalam laga nanti. Dia akan didukung oleh Ambrizal dan Rezaldi yang bisa menusuk ke daerah pertahanan lawan.

Semen Padang realistis

3poin amin! @TorabikaSCmania : Klasemen Sementara #TSC2016A (8 Mei 2016) || Sumber @bola_indonesia pic.twitter.com/S34BvL4uHP" — Semen Padang FC (@SemenpadangFCID) May 8, 2016

Nil menolak untuk diunggulkan. Terang-terangan dia menyatakan bahwa pada laga kali ini tak bisa hanya berpatokan pada laga pertama. "Oke kami menang di laga pertama, tapi kali ini beda, kami akan melawan tim yang bagus, tuan rumah yang memiliki pemain merata di semua lini," katanya.

Nil mengaku telah menyaksikan langsung bagaimana Persija bermain via rekaman pertandingan saat menahan imbang Persipura 1-1. Bukan hanya disiplin, gaya permainan, skema dan kekompakan antar lini ditunjukkan oleh Macan Kemayoran.

Kunci keunggulan Persija, menurut eks pelatih Timnas tersebut adalah hadirnya Soon-Hak. Gelandang asal Korsel itu dinilai menjadi pemain yang bisa membuat lini tengah Persija penuh. Keras dan disiplin dalam membantu pertahanan, tapi juga rajin membantu penyerangan.

Menanggapi pernyataan Camargo bahwa permainan sayap kabau Sirah bakal dihentikan, Nil tak mau banyak bicara. Dia tak sabar untuk adu strategi dengan pelatih asal Brasil itu.

Yang pasti, di lini depan Semen Padang akan bertumpu pada Nur Iskandar dan Marcel DS. Irsyad Maulana dan Niko Simanjuntak, bakal menjadi momok menakutkan dengan kecepatan, kelincahan dan kreatifitas mereka di sayap.

"Pemain tahu apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi strategi lawan saat di lapangan. Yang terpenting, kami siap mencuri poin dari Ibu Kota," pungkasnya.-Rappler.com

BACA JUGA: