Jelang MotoGP Perancis, cuaca jadi kekhawatiran para pembalap

JAKARTA, Indonesia—Valentino Rossi tiba di sirkuit Le Mans, daerah Loire, Perancis, untuk lanjutan seri MotoGP akhir pekan ini setelah kemenangan di Jerez, Spanyol, dua pekan lalu.

Namun, pembalap nomor 46 tersebut khawatir akan cuaca buruk yang kemungkinan terjadi di Le Mans.

Rossi, pemenang sebanyak tiga kali di sirkuit Le Mans, kalah dari Jorge Lorenzo pada musim lalu.

“Tahun lalu saya balapan dengan baik namun tidak bisa mengejar Jorge — Saya akan mencoba lagi tahun ini,” kata Rossi.

Jika ia berhasil menang di sirkuit ini, maka hal tersebut akan menjadi dua kemenangan berturut-turut baginya, yang pertama sejak 2009.

Namun The Doctor—julukan Rossi—khawatir dengan kondisi cuaca buruk yang kemungkinan dapat terjadi di Le Mans.

“Hal yang tidak saya sukai dari Le Mans adalah cuaca, selalu tidak dapat diprediksi. Bisa hujan, sering kali dingin dan banyak faktor lain yang harus diperhitungkan,” katanya. “Kami akan mengawali akhir pekan ini dengan cara yang sama seperti di Jerez. Kami akan menemukan strategi yang tepat pada sesi latihan hari Jumat dan ini telah membantu kami menjadi kompetitif dalam balapan.”

Seperti Rossi, pembalap Honda Marc Marquez juga harus memperhatikan betul jarum di barometernya.

“Kamu tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi di sini,” ujar juara dunia MotoGP dua kali tersebut.

“Tahun lalu, temperatur meningkat dengan sangat cepat pada hari Minggu dan kami kesulitan. Hujan juga bukan sesuatu yang tidak biasa,” katanya.

Lorenzo, yang akan pindah ke Ducati musim depan, masih menyimpan kenangan manis di musim lalu saat mengalahkan rekan setimnya Valentino Rossi, namun juga khawatir akan cuaca.

“Perancis seringkali tricky karena cuaca, jadi kami harus mempersiapkan diri jika terjadi hujan nanti,” kata pembalap berusia 29 tahun tersebut.

Sedangkan pembalap Honda lainnya Dani Pedrosa akan berusaha memperbaiki hasil balapannya setelah finish keempat di Jerez.

“Pada balapan terakhir, saya tidak dapat maju ke depan karena ban belakang yang terlalu banyak berputar. Dan saya pikir Le Mans juga akan sangat bergantung pada bagaimana ban beradaptasi dengan lintasan,” kata Pedrosa.

Seri MotoGP di sirkuit Le Mans, Perancis akan berlangsung pada Minggu, 8 Mei mendatang, mulai pukul 19:00 WIB. —Laporan AFP/Rappler.com

BACA JUGA: