Jokowi akan meninjau lahan gambut di Palangkaraya

[UPDATE] 31 Oktober 2015
JAMBI, Indonesia—Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan terbang dari Jambi ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, untuk meninjau lahan hutan gambut di Kabupaten Pulang Pisau, hari ini Sabtu 31 Oktober 2015.

Presiden Jokowi dan rombongan diagendakan akan meninggalkan Provinsi Jambi, Sabtu pagi, melalui Bandara Sultan Thaha Syarifuddin Jambi dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia 1.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Tjilik Riwit Palangkaraya, Kalteng, menjelang siang.

Selanjutnya Jokowi akan meninjau fasilitas pendidikan di SDN 8 Pahandut di Jl. Dr. Murjani Gang Purwosari, Kota Palangkaraya, Kalteng. Selama sekitar 30 menit, Presiden dan rombongan akan meninjau sekolah itu termasuk berdialog dengan guru dan siswa sekolah itu.

Kemudian Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menuju lahan hutan gambut Kabupaten Pulang Pisau dengan berkendara mobil.

Selama sekitar satu jam perjalanan, Presiden dan rombongan akan meninjau wilayah itu.

Pada Sabtu sore, Presiden dan rombongan akan menuju Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya untuk terbang kembali menuju Jakarta melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta.

30 Oktober 2015

Kepala Biro Istana Bey Machmudin mengatakan, presiden hingga hari ini masih fokus di Jambi. 

“Kami belum tahu jadwal presiden. Sementara ini Presiden akan berkonsentrasi di Jambi. Untuk Palangkaraya, belum tahu akan berangkat atau tidak,” katanya pada Rappler, Jumat, 30 Oktober. 

Sebelumnya dari situs Sekretraris Kabinet, Jokowi dilaporkan akan mengunjungi Palembang, Jambi, dan Palangkaraya. 

Berikut jadwal kegiatan presiden: 

29 Oktober, berkantor di Ogan Komering Ilir 

Setelah menempuh perjalanan sekitar 25 jam dari Amerika Serikat, bersama rombongan tiba di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, 29 Oktober. 

Jokowi dijemput Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Kesehatan Nila Moloek, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei.

Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan lewat jalur darat ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. OKI dipilih karena dianggap sebagai kabupaten dengan lahan terbakar terluas. 

Di OKI, Jokowi fokus pada penanganan pemadaman kebakaran hutan dan lahan gambut, serta penanganan warga yang terdampak kabut asap, terutama pelayanan tanggap darurat di bidang kesehatan, pendidikan, dan bantuan sosial. 

30 Oktober, mengunjungi Jambi

Jokowi tiba di Bandara Sultan Thaha, pukul 11.30 siang. Tempat pertama yang dikunjungi Jokowi adalah  SD 181 Lebak Bandung Kota Jambi. 

Seusai mengunjungi sekolah papan, Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan mengunjungi Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Bukit Suban Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Kabupaten Sarolangun dengan menggunakan helikopter.—dengan laporan dari Febriana Firdaus dan Antara/Rappler.com

BACA JUGA