Jokowi berkomitmen tetap pantau kebakaran hutan dari AS; Derby Manchester berakhir imbang

JAKARTA, Indonesia — Inilah sejumlah kejadian penting sepanjang akhir pekan: Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkomitmen untuk tetap memantau persoalan kebakaran hutan di Tanah Air selama lawatannya ke Amerika Serikat (AS). Sementara itu, derby Manchester Premier League berakhir imbang.

Dari Kota Manado, Sulawesi Utara, kebakaran sebuah tempat karaoke dilaporkan menewaskan 12 orang sejauh ini; Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) nyatakan bahwa kabut asap tipis mulai hampiri Jakarta dan Minggu pagi di ibu kota diramaikan oleh Jakarta Marathon 2015.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo berharap kunjungan resminya ke AS selama 24-30 Oktober 2015 akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Jokowi juga menyampaikan bahwa dari AS dirinya akan tetap memantau perkembangan situasi dan kondisi di Tanah Air.

"Meskipun saya meninggalkan Tanah Air untuk beberapa waktu, saya akan terus memantau detik demi detik, menit demi menit, terutama dalam pengendaliaan kebakaran hutan dan lahan serta penanganan korban kabut asap," kata Jokowi dalam siaran persnya, Minggu, 25 Oktober.

Derby Manchester antara Manchester United (MU) melawan Manchester City di Stadion Old Trafford pada Minggu, 25 Oktober, berakhir imbang dengan skor 0-0.

Secara umum, City tampil lebih efektif dan efisien di babak pertama. Rasio jumlah umpan kedua tim adalah 204 berbanding 131 untuk MU. Dengan 131 umpan, City mampu melepaskan empat tembakan sepanjang 45 menit pertama pertandingan. Sementara MU tak sekalipun berhasil menembakkan bola ke gawang City.

Memasuki babak kedua, MU tampil dominan secara penguasaan bola. Di menit ke-70, ball possesion kedua tim adalah 63 persen berbanding 37 persen untuk MU. Namun meski banyak menguasai bola, permainan MU tak efektif.

Serunya pertandingan ini bisa kamu simak lagi di Live Blog derby Manchester.

Salah satu outlet tempat karaoke Inul Vizta. Foto dari Facebook/inulviztaktv

Salah satu outlet tempat karaoke Inul Vizta.

Foto dari Facebook/inulviztaktv

 

 

Kebakaran di tempat karaoke keluarga Inul Vizta di Manado, Sulawesi Utara, pada 00:15 WITA, Minggu dini hari, 25 Oktober, dilaporkan telah menewaskan 12 orang termasuk keponakan Bupati Minahasa Jantje Sajow.

"Korban yang tewas dalam kebakaran tempat karaoke keluarga Inul Vizta Manado disebabkan karena menghirup asap pekat sampai kehabisan oksigen," kata salah satu saksi di tempat kejadian, Emby. 

ASAP RIAU. Seorang pekerja membersihkan jalan di tengah kabut asap yang menyelimuti Pekanbaru, Riau, 6 Oktober 2015. Pemerintah Riau mengatakan ada 40.000 orang menderita ISPA karena kabut asap yang telah berlangsung lebih dari dua bulan. Foto oleh Rony Muharrman/EPA

ASAP RIAU. Seorang pekerja membersihkan jalan di tengah kabut asap yang menyelimuti Pekanbaru, Riau, 6 Oktober 2015. Pemerintah Riau mengatakan ada 40.000 orang menderita ISPA karena kabut asap yang telah berlangsung lebih dari dua bulan.

Foto oleh Rony Muharrman/EPA

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatera dan Kalimantan telah berimbas hingga ke Jakarta per Minggu, 25 Oktober.

"Sebagian wilayah Jakarta pada hari ini tertutup asap tipis sebagai imbas kabut asap di Sumatera dan Kalimantan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu.

Foto dari Instagram @vidyvii

Lomba lari Jakarta Marathon 2015 usai diselenggarakan, Minggu, 25 Oktober.

Di kategori marathon elite runner, pelari asal Kenya, Geoffrey Kipcrotic Brigen berhasil merajai kelas putra dengan catatan waktu 2 jam 17 menit dan 38 detik. Sementara di kelas putri, Shankutie berhasil menjadi pelari tercepat dengan catatan waktu 2 jam 43 menit dan 29 detik.

Simak hasil lainnya dan rasakan keseruan Jakarta Marathon 2015 melalui foto dalam artikel berikut ini. — Rappler.com