Provide your email for confirmation

Tell us a bit about yourself

country *

Please provide your email address

welcome to Rappler

Login

To share your thoughts

Don't have an account?

Login with email

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue signing in. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Sign up

Ready to get started

Already have an account?

Sign up with email

By signing up you agree to Rappler’s Terms and Conditions and Privacy

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue registering. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Join Rappler+

How often would you like to pay?

Annual Subscription

Monthly Subscription

Your payment was interrupted

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Your payment didn’t go through

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

welcome to Rappler+

Jokowi: wujudkan mimpi dengan segenap keyakinan

MERAUKE, Indonesia  —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak mewujudkan mimpi dan harapan anak-anak bangsa dengan penuh keyakinan pasti dapat terwujud.

"Sekarang menjadi tugas kita bersama untuk mewujudkan, bukan menunggu terwujud. Mimpi tidak akan terwujud dengan sendirinya, harus diupayakan dengan segenap keyakinan," kata Presiden Jokowi dalam acara peletakan Kapsul Mimpi di Lapangan Hapsana Sai, Merauke, Papua, Rabu.

Presiden yang mengenakan kemeja putih dan tutup kepala khas Papua menyebutkan Indonesia adalah medan untuk mewujudkan berbagai mimpi tersebut.

"Kita harus tahu impian kita, terutama generasi muda. Impian setiap provinsi menjadi pemandu ke mana bangsa ini akan dibangun ke depannya," kata Jokowi dalam acara yang juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Merauke terpilih Frederikus Gebze.

Presiden menyebutkan Gerakan 70 Tahun Indonesia Merdeka yang dicanangkan di Sabang dan berakhir di Merauke telah menghimpun berbagai mimpi dan harapan untuk 70 tahun ke depan.

"Impian bisa dicapai dengan kerja keras, integritas, etos kerja, kejujuran sehingga kita dapat bersaing dengan bangsa lain. Kompetisi adalah tantangan. Saya yakin kita mampu wujudkan impian itu," katanya. 

 Ia menyebutkan tanah Papua menjadi titik balik untuk melaksanakan cita-cita pendiri bangsa. "Kita harus kenali potensi diri sendiri, potensi untuk mewujudkan kemakmuran bagi semua tanpa kecuali," katanya.

Dalam akun twitternya @jokowi, Jokowi menjelaskan bahwa awal 2015 ia meluncurkan Gerakan Nasional Ayo Kerja dari titik paling barat Indonesia yaitu di Kilometer Nol, Kota Sabang, Aceh.

Gerakan ini menekankan pentingnya kerja keras secara total untuk tingkatkan potensi bangsa. “Anak anak muda kreatif Indonesia menyambut gerakan ini dengan kegiatan Ekspedisi Kapsul Waktu yang baru dibuka 70 tahun mendatang,. Ini ide unik, pertama sepanjang sejarah Indonesia untuk kumpulkan impian masyarakat dari setiap propinsi di Indonesia,” katanya.

Jokowi telah membaca 238 butir impian rakyat dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. “Saya juga menuliskan impian saya sebagai rangkuman impian rakyat. ‘Impian Indonesia’ untuk 70 tahun ke depan,” katanya.

Sementara itu Gubernur Papua Lukas Enembe atas nama rakyat Papua menyampaikan selamat datang kepada Presiden Jokowi.

"Anak-anak sudah memasukkan di harapan dan keinginannya, Papua adalah bagian dari Indonesia dan sudah menyatakan keinginan dan harapan dalam kapsul waktu itu," katanya.

Ia berharap mimpi itu segera terwujud termasuk adanya keterhubungan antarkabupaten di Papua sebelum tahun 2085.  —  Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA