Kebakaran hutan di Gunung Lawu tak kunjung padam dan semakin meluas

SOLO, Indonesia — Kebakaran hutan di Gunung Lawu yang merambah wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, semakin meluas. Bahkan kebakaran sudah memasuki area yang sangat dekat dengan pemukiman penduduk.

Menurut staf Humas Perhutani Surakarta Suko Haryono, kebakaran hutan di Gunung Lawu itu berada di antara daerah perbatasan antara Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, per Senin, 26 Oktober.

Haryono mengatakan pihak petugas yang dibantu masyarakat sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memadamkan api yang membakar hutan tersebut, tetapi juga tidak kunjung padam.

"Ya, kebakaran yang berada di wilayah Jawa Tengah sudah padam, tetapi yang masuk Jawa Timur belum bisa dan ini pihak petugas juga terus melakukan pemadaman," kata Haryono.

Ia mengatakan dari pihak petugas kini juga terus melakukan antisipasi dengan dibantu masyarakat setempat untuk mengatasi kobaran api tersebut jangan sampai menjalar lagi dengan peralatan seadanya.

Sementara itu, guna membantu pemadaman api di wilayah Magetan, Palang Merah Indonesia (PMI) Solo bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo mengirim bantuan relawan, mobil pemadam kebakaran, ambulans, dan tim medis.

"Ya, ada tiga mobil damkar yang kita kirimkan untuk memadamkan api di dekat pemukiman di Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Tim kita terdiri dari 24 relawan, termasuk tim medis," kata Humas PMI Solo Sumartono Hadinoto. —Antara/Rappler.com

BACA JUGA: