Rini: Kereta cepat Jakarta-Bandung menyerap 39.000 tenaga kerja

Presiden Joko Widodo ketika melakukan ground breaking jalur kereta api cepat rute Jakarta-Bandung pada Kamis, 21 Januari. Foto oleh Uni Lubis/Rappler.com

Presiden Joko Widodo ketika melakukan ground breaking jalur kereta api cepat rute Jakarta-Bandung pada Kamis, 21 Januari. Foto oleh Uni Lubis/Rappler.

com

"Semua tenaga kerja dalam pembangunan Kereta Cepat ini dari Indonesia. Hanya beberapa tenaga kerja asing, itu pun untuk tenaga ahli karena kita belum pernah membangun kereta cepat," kata Rini di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Rini, sekitar 60 persen proses pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dikerjakan di Indonesia, sisanya di Tiongkok.

"Kita diberikan kemampuan alih teknologi oleh mereka (Tiongkok). Jadi 60 persen dari pekerjaannya akan dikerjakan di Indonesia," kata Rini dalam acara sosialisasi dan diskusi publik tentang Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Saat ini banyak yang bertanya tentang ini dan banyak kontroversial padahal Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini dibangun untuk manfaat bersama, terutama bagaimana kita bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta dan Jabar," kata dia. – dengan laporan Antara/Rappler.com 

BACA JUGA: