Kualifikasi Euro 2016: Jerman kalah, Irlandia Utara ciptakan sejarah

JAKARTA, Indonesia — Juara dunia 2014 Jerman menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah Republik Irlandia dalam laga kualifikasi Euro 2016 matchday sembilan yang berlangsung pada Jumat, 8 Oktober.

Kemenangan Republik Irlandia ditentukan oleh gol tunggal pemain pengganti Shane Long pada menit ke-70.   

Shane long's goal for #Ireland v Germany #Euro2016 (Vine by @His_Lordship71) https://t.co/3EXTKkhKaC — Bookie Bashers (@BookieBashers) October 8, 2015

Dengan hasil ini, Jerman tetap memuncaki klasemen grup D dengan 19 poin, diikuti oleh Polandia dan Republik Irlandia masing-masing dengan 18 poin. Polandia dan Republik Irlandia sendiri akan bertemu pada matchday berikutnya.

Hasil imbang 0-0 atau 1-1 akan meloloskan Polandia sedangkan hasil imbang dengan lebih banyak gol akan meloloskan Republik Irlandia. Kedua tim ini bisa lolos bersama jika di luar prediksi, Jerman dikalahkan oleh Georgia. Skenario tersebut akan memaksa Jerman untuk menjalani babak play off.

Irlandia Utara, Portugal pastikan diri lolos

Sementara Irlandia Utara sukses mencetak sejarah dengan lolos ke putaran final Euro untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

Irlandia Utara mengunci tiket menuju Perancis 2016 setelah menang 3-1 atas Yunani di hadapan pendukungnya sendiri. Gol Steven Davis pada menit 35 dan 59 serta Josh Magennis pada menit 49 hanya mampu dibalas oleh satu gol Christos Aravidis empat menit jelang berakhirnya waktu normal. 

Northern Ireland 3-1 Greece FT: An historic night for Northern Ireland who secure their place at Euro 2016. pic.twitter.com/iDITuLjGof — Squawka Football (@Squawka) October 8, 2015

Di Stadion Dr. Magalhães Pessoa, tim tuan rumah Portugal juga memastikan diri lolos usai mempecundangi Denmark 1-0 berkat gol tunggal Joao Moutinho pada menit ke-66. Rappler.com

Baca juga: