Polisi New York berhasil tangkap dua pencuri di gedung KJRI

 

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) – Polisi New York (NYDP) akhirnya berhasil menangkap dua orang pencuri yang mengambil beberapa benda di kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York pada Senin dini hari, 22 Agustus sekitar pukul 01:30. Pelaku diketahui bernama David Rivera berusia 18 tahun dan Tyana Nunez berusia 16 tahun. 

Kantor berita Associate Press (AP) melaporkan keduanya ditangkap di sebuah hotel di area Bronx pada Selasa pagi, 23 Agustus. Rupanya, hotel itu juga menjadi korban dari aksi perampokan mereka pada Minggu, 21 Agustus. Keduanya dikenai tuduhan perampokan, pencurian berat, menerobos masuk tanpa izin dan kepemilikan properti curian.

Bahkan, menurut  keterangan personil NYPD, kedua pelaku sempat berusaha untuk menyuap polisi dengan barang curian yang mereka ambil. 

Rivera dan Nunez membawa kabur beberapa benda seperti sebuah tablet Samsung, beberapa botol vodka, satu koper berisi pakaian dan kendaraan dinas merk Honda Odyssey yang diparkir di luar gedung.

Menurut keterangan NYPD, kedua pelaku memanjat pagar lalu masuk ke dalam gedung melalui sebuah pintu samping yang tidak terkunci. Konsul Jenderal sementara di New York, Benny YP Siahaan mengatakan kejadian semacam ini jarang terjadi. 

"Saya sudah tinggal di sini selama tiga tahun dan hal seperti ini belum pernah terjadi. Ini bisa terjadi di mana saja. Saya pun terganggu dan terkejut," kata Benny seperti dikutip media

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, wajah kedua orang tersebut -- satu laki-laki dan satu perempuan -- tertangkap CCTV KJRI dan sudah dilaporkan kepada polisi.

Saat ini pihak kepolisian melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut, kata Arrmanatha dalam pernyataan tertulis pada Selasa, 23 Agustus. Mengenai bagian adanya pintu di gedung KJRI yang tidak dikunci, diplomat yang pernah ditugaskan di New York itu menyebut polisi masih menginvestigasi hal tersebut. 

"Sistem keamanan gedung-gedung di New York menggunakan sistem kunci elektronik yang hanya bisa dibuka dengan menggunakan buzzer. Termasuk gedung yang digunakan oleh KJRI, sehingga hal itu masih terus ditelusuri oleh polisi," kata Arrmanatha melalui pesan pendek sambil menyebut untuk kendaraan akan diganti oleh asuransi. 

Ke depan, ujar kata Arrmanatha, sistem keamanan di gedung KJRI akan ditinjau kembali. 

Berikut foto kedua pelaku yang diedarkan oleh Polisi New York:

PENCURI. Foto dua pencuri KJRI di New York yang diedarkan oleh polisi pada Selasa, 23 Agustus. Foto dari Polisi New York

PENCURI. Foto dua pencuri KJRI di New York yang diedarkan oleh polisi pada Selasa, 23 Agustus.

Foto dari Polisi New York

 – Rappler.com.