Mark Zuckerberg akan menyumbangkan 99 persen saham Facebooknya



JAKARTA, Indonesia—CEO dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjanjikan akan menyumbang 99 persen saham Facebooknya. “Kami akan memberikan 99 persen saham Facebook kami, saat ini bernilai $45 milyar dolar, sepanjang hidup kami untuk ikut dalam usaha memperbaiki dunia demi generasi selanjutnya,” kata Mark melalui akun Facebooknya, 2 Desember 2015. US$45 milyar senilai dengan Rp 618 triliun.

Komitmen tersebut diumumkan bersamaan dengan pengumuman Zuckerberg soal kelahiran putrinya, yang diberi nama Max.

Sumbangan ini, Zuckerberg menjelaskan, adalah caranya untuk ikut berkontribusi menciptakan dunia yang dia inginkan untuk menjadi tempat anaknya tumbuh.

“Dunia tersebut adalah dunia di mana generasi kita bisa meningkatkan potensi manusia dan mendorong kesetaraan,” kata dia. Caranya, dengan menyembuhkan penyakit, belajar, menggunakan energi terbarukan, terhubung dengan orang lain, membangun komunitas yang kuat, mengurangi kemiskinan, menjamin kesetaraan dan menyebarkan pengertian ke seluruh dunia.

Priscilla and I are so happy to welcome our daughter Max into this world!For her birth, we wrote a letter to her about... Posted by Mark Zuckerberg on Tuesday, December 1, 2015

Mark juga menulis surat terbuka untuk anaknya, mengenai harapan dan cita-citanya untuk sang bayi. Surat lengkapnya dapat dibaca di sini. Selamat, Mark dan Priscilla!