Kemenpora: Maskot Asian Games 2018 akan lebih ‘trendi dan modern’

 

JAKARTA, Indonesia — Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menggelar sayembara desain baru maskot Asian Games 2018 yang sebelumnya dikritik masyarakat.

“Reaksi kritis masif dari publik terhadap kualitas kreatif maskot Asian Games 2018 adalah kepedulian publik yang ditanggapi positif Kemenpora RI,” tulis kementerian melalui akun Twitter-nya, Rabu, 6 Januari.

Pada hari yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menggelar konferensi pers bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf di kantor Kemenpora.

Dalam kesempatan itu, Imam menyambut baik tawaran Bekraf untuk melakukan revisi. Menurutnya, Indonesia adalah gudang kreatif, terutama di bidang desain grafis.

Kemenpora menegaskan bahwa peran Bekraf di sini hanya sebagai pembantu, bukan pembuat revisi.

"Maskot dan logo baru ini akan menggunakan sistem sayembara untuk mendapatkan rancangan dengan standar internasional," kata Triawan kepada wartawan.

Ia mengatakan sayembara tersebut akan diberikan terbatas kepada peserta yang sudah memiliki pengalaman desain grafis.

"Kalangan profesional dengan pengalaman minimal pernah menangani proyek tingkat nasional yang masuk kriteria kami, jadi tidak semua pihak dapat mengikuti sayembara ini," ujarnya.

Triawan juga mengatakan peserta yang mengajukan diri harus berbadan usaha.

"Pekerjaan ini saya rasa akan sulit bila dilaksanakan sendiri, jadi kemungkinan pendaftarannya berupa tim. Namun, peserta atau tim ini harus ada di bawah naungan sebuah badan usaha," katanya lagi.

Maskot Drawa, yang berbentuk sebuah burung cenderawasih, diluncurkan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 27 Desember 2015. Namun empat hari kemudian direvisi karena menuai banyak kritik masyarakat.

Pertemuan Kemenpora dan Bekraf ini adalah kali kedua setelah pertama kali bertemu pada 31 Desember 2015 untuk membahas kritik dan revisi maskot.

Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Bekraf lalu berupaya segera memperbaiki rancangan maskot dan logo pentas olahraga empat tahunan itu.

Menurut Kemenpora, logo baru Asian Games akan menjadi sinergi positif yang lebih “trendi dan modern”. —Rappler.com

BACA JUGA: