Meme minggu ini: Papa minta saham hingga El Clasico

JAKARTA, Indonesia — Meme sering digunakan sebagai cara unik para netizen mengungkapkan respon mereka terhadap fenomena yang sedang marak diperbincangkan.

Berikut kumpulan meme yang yang beredar di media sosial selama satu minggu ke belakang, mulai dari mogok nasional vs mogok usaha, Real Madrid yang dibantai Barcelona, hingga percakapan antara presiden Amerika Serikat Barrack Obama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Buruh mogok nasional

Meme di atas memperlihatkan percakapan dilema antara seorang buruh yang ingin menyuarakan haknya dengan ikut mogok nasional dengan bos nya yang membutuhkan karyawan agar tidak harus mogok usaha.

Meme tersebut beredar setelah terjadi pro kontra terkait agenda mogok kerja nasional yang dilakukan serikat buruh di seluruh Indonesia pada 24 hingga 27 November.

Papa minta saham

Gambar di atas memperlihatkan mama yang sudah tidak meminta pulsa, memarahi papa yang minta saham.

Meme tersebut beredar pasca Ketua DPR RI Setya Novanto dikabarkan mencatut nama presiden Joko “Jokowi” Widodo saat melakukan negosiasi dengan PT Freeport Indonesia.

“Seolah-olah Presiden minta saham,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Kongres HMI: Habis makan hilang

Meme di atas memperlihatkan logo organisasi Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) yang diartikan sebagai Habis Makan Ilang.

Sindiran tersebut ditujukan untuk penyelenggaraan kongres HMI ke-29 di Pekanbaru, Riau, pada 22-26 November yang dikabarkan banyak dihadiri oleh peserta bayaran.

El Clasico: Real Madrid dibantai Barcelona

Foto di atas menunjukkan duo Barcelona Neymar dan Lionel Messi menggendong “bayi” penyerang Real Madrid Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo.

Madrid dibantai 4-0 oleh Barcelona dihadapan publiknya sendiri dalam laga El Clasico pada Minggu, 22 November, dini hari WIB.

Turki tembak jatuh pesawat Rusia

Gambar di atas memperlihatkan percakapan fiktif antara Obama dan Putin. Obama bertanya, “apa yang akan kamu makan di hari Thanksgiving?” dan Putin menjawab “Turkey.

Turkey dapat berarti ayam kalkun, makanan khas dalam perayaan Thanksgiving sekaligus negara Turki.

Sebelumnya, pesawat Su-24 milik Rusia ditembak pada ketinggian 6.000 meter dengan rudal oleh pesawat tempur F-16 milik Turki pada Selasa, 24 November yang lalu. —Rappler.com

BACA JUGA: