Metamorfosa Super Junior dalam satu dekade

JAKARTA, Indonesia — Boyband asal Korea Selatan Super Junior telah genap sepuluh tahun menghibur para ELF —Ever Lasting Friend, penggemar Super Junior— dengan lagu mereka yang earcatchy dan penampilan yang selalu memukau.

Satu dekade bukan waktu yang sebentar, tentu banyak perubahan yang terjadi pada Super Junior. 

Namun perubahan yang ada tidak membuat para ELF meninggalkan Leeteuk dan kawan-kawan. Terbukti Super Junior masih eksis hingga sekarang.

1. Formasi

Super Junior memulai debutnya pada 6 November 2005 dengan single TWINS (Knock Out), dalam formasi 12 personel: Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Kibum, dan Ryeowook. Saat itu nama grup mereka adalah Super Junior ’05, sebagai generasi pertama dari Super Junior.

DEBUT. Formasi awal terbentuknya Super Junior dengan 12 personel. Foto dari wiki commons

DEBUT. Formasi awal terbentuknya Super Junior dengan 12 personel.

Foto dari wiki commons

Pada 2006 SM Entertainment —manajemen yang membawahi Super Junior— mencari anggota baru untuk membuat generasi Super Junior 06, tapi akhirnya diputuskan untuk menghapus keterangan angka dan mulai sejak itu Boyband ini dikenal dengan Super Junior.

Anggota ke-13 Cho Kyuhyun direkrut di tahun yang sama. Dengan 13 personel, Super Junior kembali meluncurkan single-nya “U” yang laris sebanyak 400 ribu unduhan hanya dalam waktu lima jam setelah dirilis.

Setelah meluncurkan album ketiga mereka, Sorry Sorry, pada Maret 2009, salah seorang personelnya Kibum tak pernah tampil bersama anggota Super Junior lainnya, namun masih berada dalam satu manajemen. Pada Desember 2009, giliran anggota Super Junior asal Tiongkok Hangeng yang menyatakan hengkang dari Boyband yang telah membesarkan namanya tersebut.

Pada Oktober 2015 kontrak Kibum dengan SM Entertainment habis dan sekaligus meresmikan keluarnya artis kelahiran 1987 ini dari Super Junior.

Saat ini Super Junior terdiri dari sebelas personel. Namun Shindong, Sungmin, Donghae, dan Eunhyuk sedang tidak aktif karena harus menjalani wajib militer.

2. Penampilan

Saat debut mereka pada tahun 2005 di acara musik stasiun tv SBS Popular Song dengan rambut warna warni yang alay

Super Junior mulai bermetamorfosa sejak album ketiganya Sorry Sorry. Penampilan mereka mulai terlihat rapi dan maskulin.

Dalam video klip terbaru mereka, Magic, penampilan Super Junior terlihat kekinian dengan pakaian rapi yang colourful.

3. Talenta

Dimulai dengan bernyanyi, talenta para anggota Super Junior dalam bidang lainnya semakin terasah dari waktu ke waktu.

Super Junior pernah meluncurkan film Attack of the Pin-up Boys pada tahun 2007 yang menampilkan bakat akting para personelnya. Grup ini juga memiliki acara radio mereka sendiri, Super Junior Kiss the Radio, di stasiun radio KBS yang saat ini dipandu oleh Ryeowook, setelah sebelumnya sempat digawangi oleh Leeteuk, Eunhyuk, dan Yesung.

Selain itu, Donghae dan Siwon juga sempat membintangi beberapa serial drama korea. Donghae berkesempatan untuk menjadi pemeran utama sebagai pembuat roti dalam drama Ms. Panda and Hedgehog (2012). Sedangkan Siwon telah beberapa kali berperan sebagai bintang utama dalam drama Oh! My Lady (2010), Poseidon (2011), dan yang terakhir dalam drama She Was Pretty yang akan berakhir pada 11 November mendatang. Bahkan ia pernah beradu akting dengan aktor legendaris asal Tiongkok, Jackie Chan dalam film Dragon Blade (2015).

4. Super Show

Rangkaian konser yang bertajuk Super Show ini telah diadakan sebanyak 6 kali. Supershow pertama diadakan di Seoul, Korea Selatan, pada 22 Februari 2008. Super Show diselenggarakan sebanyak sepuluh kali, di lima kota dalam tiga negara.

Supershow 2 diadakan pasca album Sorry Sorry yang membuat Super Junior menjadi fenomena internasional. Rangkaian tur Super Show 2 mengunjungi sepuluh kota di tujuh negara, dengan jumlah konser sebanyak 15.

SUPER SHOW 2. Super Junior tampil dengan 'single' Sorry Sorry dalam Super Show 2 di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler.com

SUPER SHOW 2. Super Junior tampil dengan 'single' Sorry Sorry dalam Super Show 2 di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler.

com

Setahun kemudian, rangkaian Super Show 3 menggelar 20 show di 13 kota dari 10 negara.

Dalam rangkaian Super Show 4 yang dimulai pada November 2011, untuk pertama kalinya Super Junior berkesempatan menyapa ELF di Jakarta secara langsung melalui tiga konsernya pada 27 hingga 29 April 2012.

Meskipun jumlah kota berkurang menjadi sepuluh di sembilan negara, untuk pertama kalinya Super Junior menggelar Super Show di Benua Eropa. Super Junior menyapa ELF Perancis secara langsung di Zenith de Paris, Paris, pada 6 April 2012.  Jumlah konser dalam rangkaian Super Show 4 pun bertambah menjadi 24 show.

Rangkaian Super Show 5 diselenggarakan sebanyak 28 kali, di 20 kota dan 16 negara, termasuk Indonesia sebanyak dua kali. Untuk pertama kalinya, Super Junior menyelenggarakan rangkaian konser di Benua Amerika Selatan (Brazil, Argentina, Chili, Peru), serta juga berkesempatan mengunjungi Meksiko dan Inggris. Total jumlah tiket yang terjual dalam rangkaian Super Show 5 mencapai lebih dari 500 ribu lembar.

SUPER SHOW 5. Penampilan Super Junior di Mata Elang Indoor Stadium, Jakarta, dalam rangkaian Super Show 5. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler.com

SUPER SHOW 5. Penampilan Super Junior di Mata Elang Indoor Stadium, Jakarta, dalam rangkaian Super Show 5. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler.

com

Super Show 6 yang baru saja berakhir di Seoul, Korea Selatan, pada Juli 2015 kemarin juga kembali berkunjung ke Jakarta pada Mei, 2015. Meskipun rangkaian Super Show hanya diselenggarakan sebanyak 22 kali, di 13 kota dan tujuh negara, namun jumlah tiket yang terjual mencapai lebih dari 540 ribu lembar.

Dengan segala perubahan dan prestasi yang diraih Super Junior dalam sepuluh tahun terakhir di belantika musik dunia, tak dapat dipungkiri bahwa Super Junior dapat dikatakan sebagai salah satu Boyband Kpop terbesar saat ini.

Sekali lagi, selamat ulang tahun yang kesepuluh, Super Junior! —Rappler.com

BACA JUGA: