5 hal yang perlu kamu ketahui tentang MeTube

JAKARTA, Indonesia — Salah satu satu korporasi raksasa dalam industri media di Tanah Air, MNC Group, baru saja melahirkan platform berbagi konten berbentuk video MeTube. 

MNC mengelola MeTube melalui salah satu unit bisnisnya, MNC Play Media.

Untuk kamu yang belum mengenal MeTube, berikut ini lima hal tentangnya yang perlu kamu ketahui:

1.  Hasil kerjasama MNC dan Linktone

MeTube lahir dari kerjasama antara MNC Group dengan PT Linktone Indonesia. Perusahaan yang terakhir disebut sesungguhnya adalah penyedia konten hiburan asal Tiongkok.

Linktone mendarat ke dunia bisnis Tanah Air dan bertransformasi menjadi PT Linktone Indonesia dengan mengakuisisi portal OkeZone.com dari MNC Group beberapa waktu lalu.

2. Hary Tanoesoedibjo di balik layar MeTube 

Uniknya seperti dilansir oleh Daily Social, CEO Linktone dan pemilik MNC Group ternyata adalah orang yang sama, yaitu Hary Tanoesoedibjo. 

meTube situs berbagi video buatan lokal, dengan kualitas internasional #ItsmeTube pic.twitter.com/aXIDXOJhuN — Hary Tanoesoedibjo (@Hary_Tanoe) January 29, 2016

3. Taglinenya: IT'S NOT YOU, IT'S ME

Menilik layanan dan bentuk platformnya, MeTube adalah kompetitor langsung bagi platform penyedia layanan sejenis yang telah lebih dulu hadir, YouTube. 

Tagline yang dipilih oleh MeTube juga tampaknya ingin menegaskan bahwa mereka siap untuk berhadapan dan bersaing dengan platform asal Negeri Paman Sam itu.  

4. Jaga kenyamanan pengguna dengan Safe Filter

Untuk menjaga kenyaman pengguna, MeTube memiliki fitur "Safe Filter" yang dapat menerapkan filter bagi browser (perambah) pengguna ketika mencari konten di laman MeTube dan mencegah pengguna menemukan konten-konten yang tak pantas. 

METUBE. Rekam gambar fitur Safe Filter dari laman MeTube

METUBE.

Rekam gambar fitur Safe Filter dari laman MeTube

 

5. Tuai kritik karena persoalan perlindungan terhadap pencipta konten

Baru beberapa hari diluncurkan, MeTube sudah menuai kritik dari aktor yang belakangan juga dikenal sebagai pencipta konten video melalui portal malesbanget.com, Christian Sugiono.

Christian heran karena konten video milik portal yang turut ia dirikan malesbanget.com, muncul di MeTube karena diunggah seorang pengguna sejak enam bulan lalu. Padahal MeTube baru diluncurkan dalam hitungan hari.

Suami aktris Titi Kamal ini menilai MeTube seharusnya lebih menghargai hak cipta dan meningkatkan kualitas sistemnya terkait perlindungan untuk pencipta konten. 

Namun alangkah baiknya apabila MeTube bisa menjaga hak cipta konten dari masing2 kreator. Seperti YouTube dengan Content IDnya. — Christian Sugiono (@csugiono) January 30, 2016 

Disitu jelas terlihat konten diupload 7 bulan lalu oleh user tersebut. Sedangkan MeTube sepengetahuan gw baru kemarinan ini launch. — Christian Sugiono (@csugiono) January 30, 2016

Mungkin sistem dari MeTube belum sesempurna Youtube untuk melindungi kreator konten profesional. Alangkah baiknya apabila ini diperbaiki. — Christian Sugiono (@csugiono) January 30, 2016

Rappler.com 

BACA JUGA: