Haruskah Chelsea memecat Mourinho?

JAKARTA, Indonesia — Meski kerap memicu kontroversi karena komentar dan perilakunya, Jose Mourinho selalu bisa membungkam kritik dan cacian para — meminjam istilah yang sedang ramai digunakan — haters melalui prestasinya yang mengkilap di lapangan hijau.

Namun semua berubah pada musim ini. Sejauh ini, Chelsea sudah menelan enam kekalahan di ajang Premier League dan terpuruk di papan bawah. Mereka juga sudah tersingkir di Piala Liga dan belum memastikan diri lolos dari kualifikasi grup Liga Champions.

Masa depan Mourinho di Chelsea pun mulai tak menentu. Santer diberitakan bahwa ia akan segera dipecat. 

Haruskah pelatih berjuluk "The Special One" ini dipecat? Simak komentar dari sejumlah pihak, mulai pemain legendaris Premier League hingga sesama pelatih. 

1. Thierry Henry

Legenda Arsenal dan tim nasional Perancis Thierry Henry tak sepakat jika karena situasi yang terjadi saat ini, Chelsea memecat Mourinho.

"Hanya ada satu orang yang mampu memperbaiki musim Chelsea dan orang itu sudah ada di Stamford Bridge (kandang Chelsea). Mourinho adalah manajer paling sukses Chelsea. Tak masuk akal jika Chelsea memecat orang yang telah membuat mereka diperhitungkan dalam dunia sepakbola," kata Henry

2. Harry Redknapp

Senada dengan Henry, manajer Queens Park Rangers Harry Redknapp menyebut Chelsea adalah klub yang "gila" jika sampai memecat Mourinho. Dalam kolom yang ia tulis untuk The Telegraph, Redknapp juga mengungkapkan keyakinannya bahwa Mourinho akan mampu bangkit. 

"Ada satu hal yang saya yakin. Jose akan mampu melalui semua ini dan mempersembahkan trofi untuk Chelsea musim ini. Lihat saja karirnya, itulah yang ia lakukan. Anda bisa meyakini hal tersebut," tulis Redknapp. 

3. Frank Lampard

Pemain legendaris dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Chelsea, Frank Lampard, juga meyakini bahwa Mourinho akan mampu keluar dari keterpurukan yang sedang dialaminya saat ini bersama Chelsea.

"Dengan Mourinho sebagai pelatih, dengan tim yang ada dan bakat mereka di lapangan, saya tak melihat alasan mengapa Chelsea tak bisa bangkit. Saya percaya ia (Mourinho) memiliki kemampuan dan keinginan untuk memperbaiki keadaan," kata Lampard.  

"Saya yakin ia akan melakukannya."

Manajer Liverpool, klub yang baru saja memberikan Mourinho kekalahan keenamnya di Premier League musim ini, Jurgen Klopp mengungkapkan bahwa Mourinho tetap merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini.

"Mourinho adalah seorang pelatih yang hebat. Saya rasa tak seorang pun bisa menyangkalnya bahwa ia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Hal seperti ini bisa terjadi (kekalahan). Saya sendiri pernah merasakannya di Dortmund," ujar Klopp

5. Roman Abramovich

Meski banyak pihak yakin Mourinho akan bangkit dan tetap merupakan pilihan terbaik untuk menjadi manajer Chelsea, pada akhirnya nasib Mourinho akan bergantung pada pemilik Chelsea, Roman Abramovich. 

Abramovich diberitakan akan mengevaluasi kinerja The Special One pada jeda internasional November, setelah pertandingan melawan Liverpool, Dynamo Kiev, dan Stoke City. Satu di antaranya, Mourinho sudah menelan kekalahan. 

Akankah proses evaluasi ini berujung pemecatan? — Rappler.com

BACA JUGA: