Peluang Indonesia di Putaran Final Piala Thomas-Uber 2016


Hasil undian cukup menguntungkan didapat Indonesia pada putaran final Piala Thomas dan Piala Uber 2016, yang akan berlangsung di Kunshan, Tiongkok, pada 15-22 Mei mendatang. 

Skuat Piala Thomas berada dalam Grup B bersama India, Thailand, dan Hong Kong. Sedangkan Tim Piala Uber masuk ke Grup C bersama Thailand, Bulgaria, dan Hong Kong.

Menilik hasil Kualifikasi Zona Asia, Februari lalu, Tim Piala Thomas Merah Putih layak mendapat target muluk. Apalagi, di laga final, Jonatan Christie dkk. berhasil membungkam Jepang, yang merupakan juara bertahan Piala Thomas dengan skor 3-2.

Amat wajar bila kemudian Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) membidik status juara grup sebagai langkah awal. Diakui Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky, di antara ketiga calon lawan, hanya India yang tidak boleh dianggap sebelah mata.

“India memang kuat di sektor tunggal. Namun, kami pernah mengalahkan India di kualifikasi Piala Thomas 2016,” tutur Rexy, dilansir dari siaran pers yang diterima Rappler, Senin, 21 Maret.

“Kami masih unggul di sektor ganda, jika dibandingkan negara-negara lain yang satu grup dengan kami. Tinggal bagaimana kami mengatur strategi untuk mengambil poin dari nomor tunggal,” kata Rexy, peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996.

Pertemuan terakhir Indonesia dengan India di ajang Piala Thomas terjadi pada babak semifinal Kualifikasi Zona Asia 2016, pada 20 Februari lalu. Saat itu, Indonesia sempat tertinggal 0-1 lebih dulu, setelah Tommy Sugiarto gagal mengatasi perlawanan Srikanth Kindambi dalam pertarungan tiga game.

Namun, tiga partai berikutnya berhasil dimenangi Indonesia. Lewat ganda Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, serta tunggal masa depan nasional, Anthony Ginting, Indonesia menuntaskan pertandingan dengan skor 3-1.

Rapor hijau inilah yang kemudian menjadi rujukan prestasi bagi Tim Piala Thomas Indonesia 2016, termasuk status juara grup.

Waspadai Thailand

Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia satu grup dengan Thailand. Foto dari Twitter/@INABadminton

Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia satu grup dengan Thailand.

Foto dari Twitter/@INABadminton

Berbeda dengan Tim Piala Thomas yang lebih memasang mata kepada India, barisan Srikandi Piala Uber Indonesia justru wajib mewaspadai Thailand. Memiliki pemain-pemain kelas dunia, semisal Ratchanok Intanon dan Busanan Ongbungrumpan, tidak berlebihan jika target realistis Linda Wenifanetri dkk. adalah lolos ke putaran selanjutnya.

“Thailand memang akan menjadi lawan berat untuk Tim Uber Indonesia. Namun kami masih berpeluang besar untuk menang dari Hong Kong dan Bulgaria,” ujar Rexy.

Berdasarkan aturan turnamen, hanya dua tim terbaik dari setiap grup yang berhak melangkah ke babak perempat final. Nantinya, di fase ini, akan kembali diadakan pengundian sesuai dengan status negara yang lolos. Dengan begitu, duel perempat final dipastikan bakal menyajikan pertarungan antara juara grup kontra runner-up grup.

Tim Uber Indonesia, jika ingin melanjutkan perjalanannya sampai ke semifinal, wajib meloloskan diri dari putaran grup dengan status juara grup. Karena, besar kemungkinan, negara unggulan pertama, Tiongkok, akan menyelesaikan tugas pertama mereka di putaran Grup A dengan label tersebut.

Di Kualifikasi Piala Uber Zona Asia 2016, Tim Uber Indonesia gagal berbicara banyak. Usai melaju dari putaran Grup WC sebagai runner-up, Srikandi Merah Putih langsung keok 0-3 dari Tiongkok.

Tim Uber Indonesia bahkan baru bisa memastikan diri menyusul Tim Thomas setelah berdasarkan penghitungan poin ranking dunia oleh Badminton World Federation (BWF) menempati peringkat keenam dari 16 slot yang tersedia.

“Lolosnya Tim Uber ke putaran final adalah sesuatu yang positif. Bukan cuma sekedar lolos jadi partisipan, Tim Uber Indonesia juga masuk daftar unggulan 5/8,” kata Rexy saat Tim Uber Indonesia dipastikan lolos ke putaran final Piala Uber 2016.

Jadi, sudah siap berjuang, Indonesia?

Hasil Undian Grup Putaran Final Piala Thomas dan Piala Uber 2016:

Piala Thomas

Grup A: Tiongkok, Jepang, Perancis, Meksiko

Grup B: Indonesia, India, Thailand, Hong Kong

Grup C: Korea Selatan, Malaysia, Inggris, Jerman

Grup D: Denmark, Taiwan, Selandia Baru, Afrika Selatan

Piala Uber

Grup A: Tiongkok, Denmark, Spanyol, Malaysia

Grup B: Korea Selatan, Taiwan, Mauritius, Amerika Serikat

Grup C: Thailand, Indonesia, Bulgaria, Hong Kong

Grup D: Jepang, India, Australia, Jerman

—Rappler.com

BACA JUGA: