Laga persahabatan Piala Eropa: Perancis kalahkan Belanda 3-2

 

JAKARTA, Indonesia — Perancis sukses mengalahkan tuan rumah Belanda 2-3 pada laga pemanasan jelang Piala Eropa 2016 di Stadion Amsterdam Arena, Sabtu dini hari, 26 Maret.

Pasukan Les Blues berhasil unggul cepat 1-0 saat laga memasuki menit ke-6 lewat tendangan bebas melengkung yang dilepaskan penyerang Atletico Madrid, Antonie Griezmann.

Striker Arsenal, Oliver Giroud, menggandakan keunggulan Perancis 2-0 setelah menerima umpan akurat Blaise Matuidi pada menit ke-13. 

Belanda berhasil membalas lewat tendangan bebas Memphis Depay yang disambut aksi Nigel De Jong untuk membobol gawang Perancis yang dijaga Steve Mandanda pada menit ke-47.

Tim Oranye bahkan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 ketika umpan Depay berhasil disambut sentuhan Ibrahim Affelay pada menit ke-86. 

Namun Perancis tidak menyerah, gelandang Paris Saint-Germain, Blaise Matuidi, berhasil menceploskan bola ke gawang Jasper Cillessen berkat umpan cemerlang Dimitri Payet pada menit ke-87. 

Skor 3-2 bertahan hingga laga usai. 

Perancis yang juga tuan rumah Piala Eropa tergabung di grup A bersama Rumania, Swiss, dan Albania. Sementara Belanda tidak terlibat dalam Piala Eropa 2016 karena tersingkir di babak playoff.

Perancis akan membuka Piala Eropa melawan Rumania pada laga perdana di Stadion Stade de France pada 10 Juni 2016, sementara laga final akan dihelat di stadion yang sama pada 10 Juli.

Jeda sejenak demi Johan Cruyff

Laga persahabatan ini juga ditandai jeda satu menit untuk mengheningkan cipta pada menit ke-14 guna mengenang Johan Cruyff.

Cruyff, yang pernah memperkuat dan melatih Ajax dan Barcelona, meninggal dunia pada usia 68 tahun akibat kanker paru-paru, pada 24 Maret.

“KNVB, termasuk tim nasional Belanda, staf dan para direktur yang bertemu di Noordwijk, bersedih atas kabar bahwa Johan Cruyff meninggal dunia pada Kamis di Barcelona dalam usia 68 tahun. Cruyff tutup usia di tengah kehadiran keluarganya, kepada siapa kami menyampaikan belasungkawanya saat ini,” kata Presiden KNVB Michael van Praag.

Michael van Praag, yang juga presiden kehormatan Ajax, menyerukan Amsterdam Arena untuk dinamai kembali dengan Cruyff demi menghormati sang legenda.

"Ajax akan menamai Arena dengan Johan," katanya. "Itulah yang saya sampaikan sebagai ketua kehormatan Ajax." —Laporan Antara/Rappler.com