PSM Makassar vs Mitra Kukar: Beban ganda Juku Eja

JAKARTA, Indonesia — Jika ingin lolos ke babak selanjutnya, PSM Makassar harus bisa membayar lunas hutang satu gol plus “bunga”-nya. Sebab, di leg pertama tim berjulukan Juku Eja itu kalah 0-1. 

Mereka tak cukup hanya menang 1-0. Untuk lolos, PSM harus menang minimal dengan selisih dua gol.

Untuk itu, pelatih Assegaf Razak menjanjikan serangan habis-habisan ke gawang Naga Mekes—julukan Mitra Kukar—sejak menit awal. Dia ingin timnya tampil super agresif untuk memudahkan lolos ke babak berikutnya.

"Kami sudah katakan akan balas lebih besar golnya di sini. Melihat motivasi pemain, kami percaya diri itu bisa tercapai. Kami akan serang habis mereka," kata Razak berapi-api saat dihubungi, Sabtu, 26 September.

PSM mengejar gol cepat untuk meruntuhkan mental lawan. Dia yakin, dukungan suporter juga menjadi senjata ampuh untuk membungkam Mitra Kukar. Berkaca pada laga pertama, lanjut Razak, peluang timnya sejatinya cukup banyak. Namun, banyak yang terbuang percuma karena kurang tenang dalam finishing. 

"Di kandang pasti berbeda," tuturnya. 

Ya, berkaca pada hasil babak penyisihan grup, PSM mampu mencetak lima gol dalam tiga pertandingan. Tiga gol di laga pertama, dua gol di laga kedua, dan tanpa gol di laga terakhir. Torehan dua gol itu cukup membuktikan bahwa mereka cukup tajam saat di kandang—meskipun di laga ketiga mereka merotasi pemain tak mencetak gol.

Mitra Kukar yang mengandalkan pemain muda, menurut dia, harus ditekan sejak awal. Dengan begitu, kecepatan yang mereka miliki tak muncul dan serangan dari sayap yang menjadi andalan utama, bisa dimatikan suplai bolanya.

Trio Samsul Bachri Haerudin, Ardan Aras, dan Rasyid Bakri, akan menjadi jangkar lini tengah untuk mematikan pergerakan lawan tersebut. Di depan, Ferdinand Sinaga, Muchlis Hadi, dan Aditya Putra akan menjadi tukang gedor. Baik dengan skema formasi tiga penyerang sejajar maupun skema dua gelandang sayap satu target man. Tujuannya, cetak gol cepat di menit awal.

"Kami siap tempur, siap menang. Kami optimistis, karena itu akan terus bermain agresif," kata Razak.

Sementara itu, pelatih Mitra Kukar Jafri Sastra menilai kelemahan PSM ada di lini tengah. Dia justru senang, kalau Juku Eja berusaha memberikan tekanan dari awal dan ngotot main agresif. Sebab, itu justru menjadi kelemahan tim Samsul Bahri dkk.

"Kami sudah pegang kelemahan mereka. 1-0 di Tenggarong itu sudah menunjukkan kalau mereka punya celah, harusnya kami bisa menang lebih, tapi kurang maksimal di finishing," ujar Razak.

"Masalahnya berarti sama di penyelesaian. Bedanya, kami bisa dapat satu mereka tidak. Nanti itu harus kami ulang. Yang terpenting bisa konsentrasi, nanti target tak meleset.”

Perkiraan pemain

PSM Makassar (4-3-2-1)

Dimas Galih Pratama; Satrio Syam, Hendra Wijaya, Agung Prasetyio, Kurniawan Karman; Syamsul Khaeruddin, Rasyid Bakrie, Ardan Aras; Muchlis Hadi Ning Syaifullah, Ferdinand Sinaga; Aditya Putra Dewa.

Pelatih: Assegaf Razak

Mitra Kukar (4-1-3-2)

Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Rudolf Yanto, Abdul Gamal, Syaifullah Maulana; Kugheg BZ; Rizky Pellu, Eka Ramdani, Yogi Rahadian; Defri Rizky, Carlos Raul Sciucatti.

Pelatih : Jafri Sastra.—Rappler.com

BACA JUGA: