Putri Indonesia 2011, Maria Selena, jadi juru bicara PON 2016

 

JAKARTA, Indonesia — Puteri Indonesia 2011 Maria Selena ditunjuk menjadi juru bicara Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat yang akan dimulai pada 17 September mendatang.

"Penunjukan saya [menjadi Jubir PON XIX] sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Jadi waktu itu diminta untuk menyosialisasikan PON," kata Maria kepada Antara, usai menghadiri peluncuran Aplikasi Streaming Pertandingan PON XIX di Gedung Sate Bandung, Senin, 29 Agustus.

Ia mengatakan akan berupaya semaksimal mungkin mengemban tugas sebagai juru bicara PON XIX/2016 Jawa Barat agar perhelatan olahraga tingkat nasional 5 tahunan ini bisa benar-benar bergema gaungnya di seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya juga, kan, besar di Jawa Barat dan mantan atlet yang aktif di organisasi keolahragaan ini, inginnya tidak hanya ajang olahraga internasional yang digembar-gemborkan seperti Olimpiade Rio, tapi ajang olahraga yang kelasnya nasional, yakni PON, juga harus punya standar tinggi untuk kita dukung," kata Maria, yang juga mantan pemain basket profesional di ajang Woman National Basketball League Indonesia membela tim bola basket Surabaya Fever.

Ia menuturkan, salah satu keunggulan dari PON XIX ialah masyarakat bisa menyaksikan langsung sejumlah pertandingan melalui streaming melalui aplikasi yang diluncurkan hari ini.

"Yang dilakukan oleh PB PON untuk menjadikan PON XIX berbeda ialah tentang streaming. Jadi user bisa mengakses secara gratis semua pertandingan PON XIX di Jawa Barat di aplikasi smartphone sesuai olahraga yang disukai," katanya.

Kepala Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media PB PON XIX Jabar Dadang Suharto mengatakan aplikasi untuk sistem operasi Android dan iOS bisa diunduh secara gratis baik di PlayStore maupun AppStore pada awal September. 

Aplikasi bisa digunakan di smartphone, tablet, laptop, dan desktop yang berbasis Android dan iOS. Rencananya, ada 11 cabang olahraga yang akan disiarkan. Kesebelas cabang olahraga tersebut adalah: 

"Ini baru pertama kali ada sepanjang event olahraga di tanah air. Pengalaman baru ini akan memberikan kemudahan sekaligus kepuasan masyarakat Indonesia," kata Dadang kepada media. —Rappler.com