Rano Karno resmi jadi Gubernur Banten

 

"Saya dilantik oleh Presiden sebagai Gubernur Banten, Insya Allah di sisa masa bakti 2012-2017 saya akan kejar untuk pembangunan Provinsi Banten," kata Rano sebagaimana dikutip Antara. 

Rano, yang dikenal sebagai Si Doel, dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan", mengatakan meski ke depan akan fokus pada pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, saat ini ia memilih memusatkan perhatian pada kemarau. 

"Sudah banyak kekeringan di daerah Banten. Walaupun di beberapa wilayah, di tengah kemarau ini masih ada panen raya. Hari ini ada panen raya di Lebak."

Belum jelas apakah Jokowi akan menunjuk seseorang untuk menjadi Wakil Gubernur Banten atau tidak. 

Rano menggantikan Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten yang terlibat kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Meski sudah dipenjara sejak 2013, Keputusan Presiden untuk memberhentikan Atut baru turun pada akhir Juli lalu. 

Rencana pelantikan Rano sempat tertunda karena ada kekeliruan penulisan nama Atut dalam surat pemberhentiannya. Di surat keputusan itu, nama belakang Atut ditulis Chosiah, sementara yang benar adalah Chosiyah. — Rappler.com 

BACA JUGA: