Indonesia wRap: 22 Juli 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 22 Juli 2015

AFP

Cerita tentang mafia bola bukanlah fiksi. Seorang WNI dihukum 30 bulan penjara karena berupaya mengatur skor pertandingan sepak bola saat SEA Games di Singapura

JAKARTA, Indonesia — Nasiruddin, seorang WNI, dijatuhi hukuman di Singapura karena berusaha mengatur skor pertandingan antara Timor Timur dengan Malaysia pada waktu SEA Games. Semua tersangka pembunuh wartawati lepas Nurbaety Rofiq telah ditangkap. Yang terakhir ditangkap Polres Depok adalah dalangnya, seorang tukang ojek dan kuli bangunan bernama Deni Setyawan.

Menghilang selama 3 hari, Cintya Hermawan, gadis yang diculik di Pusat Grosir Cililitan (PGC) akhirnya kembali ke rumahnya diantar oleh sopir taksi. Mencegah konflik Tolikara meluas ke Jakarta, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya meminta tokoh ormas untuk menenangkan massanya agar tidak terprovokasi. 

Terakhir, Stephen Hawking meluncurkan proyek mencari alien di luar angkasa. Hawking percaya di alam semesta yang luas, pasti ada tanda kehidupan lain. 

WNI dipenjara 30 bulan karena mengatur skor sepak bola di Singapura

Nasiruddin, seorang warga negara Indonesia dijatuhi hukuman penjara 30 bulan di Singapura karena terbukti mengatur skor pertandingan sepak bola antara Timor Timur dan Malaysia saat SEA Games. Dia diduga berkomplot dengan dua orang lainnya untuk menyuap direktur teknis tim sepak bola Timor Timur, Orlando Marques Henriques Mendes. 

Baca berita selengkapnya di Rappler.com.

Polres Depok tangkap aktor utama pembunuhan wartawati di Bojong Gede

Rumah korban di Depok. Foto oleh Christian Saudale/Rappler

Kepolisian Resor Kota Depok akhirnya berhasil menangkap Deni Setyawan (25), tersangka dalang pencurian yang berakhir dengan pembunuhan wartawati Nurbaety Rofiq. Dia ditangkap dalam pelariannya di Bandung, Senin, 20 Juli 2015. 

“Tersangka merupakan dalang pencurian di rumah korban. Deni juga yang menusuk leher korban untuk memastikan jika korban sudah tewas,” kata Kapolres Depok, Komisaris Besar Dwiyono, Selasa, 21 Juli.

Kronologi kejadiannya bisa dibaca di Rappler.com

Cintya, anak yang diculik di PGC, ditemukan selamat

Foto dari Twitter

Cintya Hermawan, anak perempuan berusia 6 tahun yang dilaporkan hilang di Pusat Grosir Cililitan minggu lalu, sudah ditemukan. “Dia sudah berada di rumah,” kata juru bicara Polda Metro Jaya Kombes Muhammad Iqbal, Selasa, 21 Juli 2015. 

Sopir Taksi Blue Bird membawa Cintya pulang ke rumahnya di Kramat Jati, Jakarta Timur, dari depan Mall Bekasi. “Cintya cerdas dan meminta langsung diantar ke rumahnya,” kata Iqbal. 

Cerita kepulangan Cintya bisa dibaca di Rappler.com

Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya minta tokoh ormas tenangkan masa

Foto dari Twitter

Panglima Kodam Jaya Mayjen Agus Sutomo dan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengumpulkan dan meminta tokoh agama di Jakarta untuk menenangkan massanya, agar tidak terpancing kerusuhan di Tolikara, Papua. 

“Kesepakatan kita bersama dengan kejadian di Tolikara, kita menyikapinya harus cerdas, bijak, arif dan mengedepankan kekeluargaan,” kata Agus usai pertemuan dengan Musyawarah Pimpinan Daerah, Selasa, 21 Juli 2015.

“Yang kedua kita terus membangun tolerasi sesama umat beragama. Apapun agamanya, kita harus bersatu menjaga keutuhan NKRI.”

Menurut mereka ada pihak yang berusaha menimbulkan konflik. Baca selengkapnya di Rappler.com

Stephen Hawking luncurkan proyek pencarian alien

Ilmuwan Inggris Stephen Hawking berbicara dalam konferensi pers di London, 20 Juli 2015. Foto oleh Andy Rain/EPA

Stephen Hawking meluncurkan proyek pencarian kehidupan luar angkasa terbesar, pada Senin, 20 Juli. Proyek 10 tahun ini bernilai $100 juta.

“Dalam semesta yang tak terbatas, pasti ada beberapa tanda kehidupan,” kata Hawking pada acara peluncuran di Royal Society Science Academy di London.

Akankah mereka berhasil? Baca rencananya di Rappler.com

Dapatkan wRap di emailmu

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!