Pidato Presiden SBY tentang tragedi MH17

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

President Susilo Bambang Yudhoyono delivers a statement reacting to the tragedy involving Malaysia Airlines Flight 17, which was carrying at least 12 Indonesians on board when it went down in Ukraine on Thursday. Photo courtesy of Cabinet Secretariat.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono:

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Saya akan menyampaikan dua hal. Pertama adalah berkaitan dengan tragedi jatuhnya pesawat Malaysia MH17 di wilayah timur Ukraina dan yang kedua berkaitan memburuknya situasi di Jalur Gaza Palestina.

Sebagaimana kita ketahui bahwa telah terjadi tragedi jatuhnya pesawat terbang Malaysia MH17 di bagian timur negara Ukraina. Atas nama negara dan pemerintah Indonesia, dan selaku pribadi, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya pada negara sahabat kita Malaysia dan para keluarga korban.

Dari sejumlah sumber, sumber resmi dan dipercaya yang Indonesia ikuti, pesawat Malaysia itu jatuh karena ditembak oleh peluru darat ke udara. Oleh karena itu Indonesia sungguh menyerukan agar segera dilakukan investigasi secara internasional. Kalau itu benar pesawat sipil itu jatuh ditembak oleh senjata militer itu adalah pelanggaran hukum internasional dan bahkan hukum perang.

Oleh karena itu, jika dalam investigasi terbukti seperti itu kejadiannya, Indonesia sungguh berharap agar pelakunya diberi sanki dan hukum yang tegas.

Dalam hal ini, untuk investigasi internasional, Indonesia siap untuk bergabung untuk investigasi itu.

Saudara juga mengetahui bahwa dari 298 orang yang ada dalam pesawat itu, yang jadi korban ada sejumlah saudara-saudara kita warga negara Indonesia. Dalam kaitan ini, Kementerian Luar Negeri dan sejumlah kedutaan besar kita, utamanya kedutaan besar kita di Belanda, di Ukraina, di Rusia dan di Malaysia sekarang sedang dan terus bekerja untuk melakukan identifikasi resmi berapa banyak dan siapa-siapa saudara kita itu, warga negara indonesia itu.

Tentu kita menunggu sesuai dengan himbauan maskapai penerbangan Malaysia untuk mengumumkan secara resmi kepada publik. Karena prinsipnya keluarga korban harus terlebih dahulu diberitahu.

Dalam kaitan ini, saya telah mengeluarkan instruksi agar maskapai penerbangan Indonesia menghindari daerah-daerah konflik militer, khususnya di Ukraina, perbatasan Ukraina-Rusia, dan juga di atas jalur Gaza.

Kemenhub telah bertindak, demikian juga maskapai Garuda Indonesia.

Saya juga menyerukan kepada seluruh warga negara Indonesia yang akan bepergian ke seluruh dunia yang menggunakan jasa penerbangan bisa memastikan bahwa pesawat yang ditumpanginya tidak melintasi wilayah daerah peperangan atau daerah konflik, sekali lagi di Ukraina, perbatasan Ukraina-Rusia, dan di atas Jalur Gaza.

Indonesia pada kesempatan yang baik ini juga menyerukan agar segera dicapai solusi damai di Ukraina. Karena ternyata juga berdampak pada masyarakat dunia, terbukti dengan jatuhnya pesawat penerbangan sipil Malaysia.

Saya mendapat laporan dari Menlu Marty Natalegawa, bahwa DK PBB akan segera bersidang. Indonesia mendukung penuh dan justru berharap DK PBB harus mengambil langkah serius dan segera.

Pada kesempatan yang baik ini, di bulan suci Ramadhan ini, Indonesia juga menyerukan solidaritas di antara sesama negara ASEAN untuk membantu Malaysia dalam mengatasi musibah ini dan langkah-langkah internasional yang lain untuk mendapatkan keadilan dari musibah atau tragedi yang sama-sama tidak kita harapkan ini.

Pada kesempatan yang baik ini, saya juga ingin sekaligus menyampaikan seruan dan ajakan kepada masyarakat internasional, ajakan kepada para pemimpin dunia untuk secara serius segera bisa mengatasi memburuknya situasi yang ada di Gaza, Palestina, yang telah merenggut jatuhnya korban terutama korban sipil yang tidak berdosa.

Setelah gencatan senjata singkat, ternyata situasinya makin memburuk. Beberapa jam yang lalu, Israel justru melaksanakan operasi serangan darat, yang tentu akan menambah penderitaan masyarakat Palestina dan akan menambah jatuhnya korban sipil.

Sementara itu, penembakan-penembakan roket juga masih kita saksikan. Berarti aksi balas-membalas masih terjadi. The cycle of violance masih berlangsung. Oleh karena itu, menghadapi situasi yang sangat kritis ini, tiada lain dunia harus sangat serius untuk bertindak. Bukan hanya berkata-kata menghentikan semua kekerasan yang terjadi di wilayah Palestina, DK PBB juga harus tegas dan melakukan aksi-aksi nyata untuk menghentikan kekerasan itu.

Indonesia juga terus menyerukan bantuan yang sangat diperlukan saat ini untuk meringankan penderitaan keluarga korban. Penderitaan masyarakat di daerah Gaza. Indonesia sendiri telah memberi contoh untuk memberikan bantuan kemanusiaan ini. Dan tentunya Indonesia juga menyerukan solidaritas kita semua untuk kemerdekaan Palestina tetapi sekaligus untuk tercapainya situasi yang damai dan keberlanjutan dari perundingan damai menuju terwujudnya negara Palestina yang berdaulat dan merdeka dengan konsep dua negara, two state solution.

Inilah yg ingin saya sampaikan pada kesempatan yg baik ini. Dan Karena saya juga ingin menyampaikan ini kepada negara-negara sahabat, masyarakat internasional, ijinkan saya untuk menyampaikan seruan Indonesia ini dalam Bahasa Inggris. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!