10 hal yang bisa dipangkas jika harga BBM bersubsidi naik

Johana Purba

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

10 hal yang bisa dipangkas jika harga BBM bersubsidi naik
Kenaikan harga BBM bersubsidi akan memberikan efek ke biaya hidup. Lantas, pos mana saja yang harus dikorbankan jika BBM bersubsidi naik?

 

Meski belum ada keputusan final kapan dan berapa harga BBM bersubsidi akan naik, kita harus bersiap-siap jika itu benar terjadi. Luhut Panjaitan, seorang anggota tim transisi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko “Jokowi” Widodo-Jusuf Kalla, mengatakan kenaikan BBM bersubsidi kemungkinan besar akan dilaksanakan pada November 2014 dengan sebesar Rp 3.000 per liter dari awalnya Rp 6.500 per liter. Tentunya, kenaikan ini akan memicu naiknya biaya hidup dan harga-harga bahan pokok. Sementara itu, gaji kita belum tahu kapan akan naik.

Katakanlah, untuk pengendara kendaraan roda empat, Anda menghabiskan 40 liter BBM bersubsidi dalam satu minggu. Dengan harga Rp 6.500 per liter saat ini, kurang lebih Anda mengeluarkan Rp 1.040.000 per bulannya.

Jika BBM bersubsidi naik Rp 3.000 menjadi Rp 9.500, Anda harus merogoh kantong sebesar Rp 1.520.000 per bulan. Kalkulasi ini dengan asumsi Anda memerlukan 40 liter BBM bersubsidi per minggunya.

Dengan tambahan Rp 480.000 per bulannya untuk menutupi kenaikan BBM selama satu bulan, tentunya Anda harus menghemat pengeluaran Anda di bidang lain. Lalu, pos mana yang bisa Anda pangkas? 

Bergaul di coffee shop

Saya sadar kalau Anda butuh bersosialisi selepas kerja dengan teman di kedai kopi yang sedang nge-trend di Jakarta. Anda mungkin juga harus meeting dengan klien di coffee shop ternama di ibukota. Belum lagi kalau ada teman yang mengajak Anda untuk “ngopi-ngopi cantik” di akhir pekan. Kiranya dalam satu bulan setidaknya Anda 12 kali menginjakkan kaki di coffee shop. Dengan asumsi untuk secangkir kopi dan sepotong cake berjumlah Rp 75.000, Anda akan menghabiskan Rp 900.000 dalam satu bulan untuk membeli kopi di kedai kopi.

Movie date bersama pacar 

Bagi kamu yang punya pacar, movie date itu wajib hukumnya di Jakarta. Tapi biaya yang dikeluarkan pun tidak murah. Sekali jalan ke mall untuk nonton, biaya cemilan dan minuman, dan parkir akan menghabiskan minimal Rp 200.000. Dalam sebulan, Anda bisa menonton bioskop 2 sampai 3 kali, yang jumlahnya bisa mencapai Rp 600.000. 

Uang rokok 

Ini yang sulit untuk dipangkas bagi yang sudah kecanduan rokok. Rata-rata harga satu bungkus rokok sebesar Rp 15.000. Untuk perokok aktif, Anda bisa menghabiskan satu bungkus rokok selama sehari. Dalam sebulan, tentu Anda harus membakar Rp 450.000 untuk keperluan rokok saja. 

Minuman beralkohol 

Pulang kerja, Jumat malam. Pertanding big match Manchester United vs Chelsea di laga British Premier League. Untuk melepas stres, kebanyakan anak muda Jakarta akan buka botol, alias menghabiskan waktu dengan ditemani bir dan minuman beralkohol lainnya. Minimal Rp 200.000 untuk sekali kesempatan. Jika dalam sebulan paling tidak Anda melakukannya tiga kali, berarti Anda akan menenggak Rp 600.000.  

Internet 

Apa kamu merasa budget untuk berselancar di dunia maya sudah membengkak? Mulai dari berlangganan paket kuota data di dua smartphone, berlangganan TV kabel plus Internet nirkabel di rumah, belum lagi modem 4G yang kini bisa dibawa kemana-mana. Kira-kira berapa ya total pengeluaran yang kamu habiskan untuk keperluan bergaul online? Bisa mencapai 1 juta rupiah, lho! Cara memangkasnya? Bisa jalan-jalan ke kafe untuk mencari wi-fi gratis!

Sepatu lari

Jakarta Marathon baru saja berakhir. Tapi bukan berarti hobi lari kamu juga kandas sesudahnya. Coba tunjuk tangan, siapa yang membeli sepatu lari karena sedang ada diskon atau karena dibujuk teman? Tapi sayangnya, meski sepatu lari kamu bagus dan berwarna-warni, percuma kalau hanya mejeng manis di rak sepatu. Harga sepasang sepatu lari paling murah saja berkisar antara 600 ribu hingga 800 ribu rupiah. Lebih baik, cari yang lebih murah asalkan sering dipakai.

Buah impor 

Mau membuat infused water dengan buah kiwi, lemon, atau strawberry dari Jepang dan Korea? Ya ampun, kenapa harganya mahal sekali ya? Terus, apa lantas kita harus batal membikin infused water-nya? Tentu tidak. Ganti saja buah impor dengan buah-buahan lokal yang tidak kalah enaknya. Kamu bisa hemat sampai 800 ribu rupiah dalam sebulan, lho!

Dessert

Makanan manis setiap habis makan itu memang menggoda dan memanjakan lidah. Pilihannya pun bermacam. Mulai dari red velvet, cheese cake, apple hingga jajanan pasar. Mungkin kelihatannya sepele, tapi coba kamu hitung-hitung lagi. Jika setiap hari kamu menghabiskan Rp 20.000 untuk sepotong kue dessert, dalam 20 hari kerja bisa habis Rp 400.000. My suggestion is to cut it and be healthy.

Gym membership 

Chandler Bing dari serial televisi populer Friends pernah berkata, gym membership adalah investasi yang tidak akan pernah kembali. Iuran bulanan pusat kebugaran di Jakarta rata-rata berkisar antara 500 ribu hingga 600 ribu. Belum lagi biaya personal trainer bagi kamu yang ingin cepat mendapat hasil. Bisa jutaan rupiah! 

Satu mobil cukup

Kalau kamu berasal dari keluarga yang berada dan memiliki lebih dari satu mobil di rumah, ya gunakan satu kendaraan saja. Pakai satu kendaraan untuk bersama-sama. Kalau perlu, beri tumpangan bagi tetangga yang ingin berangkat ke kantor atau sekolah. Lumayan kan, menghemat bensin. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!