Korsel, Amerika, Tiongkok bantu pencarian AirAsia QZ8501

Handoko Nikodemus

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Korsel, Amerika, Tiongkok bantu pencarian AirAsia QZ8501
Amerika memiliki sebuah kapal yang mempunyai sistem sonar, dibutuhkan untuk mencari pesawat di dasar laut.

JAKARTA, Indonesia — Pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang sejak Minggu (28/12) pagi mendapat tambahan bantuan dari pihak asing di hari ketiga, setelah sebelumnya mendapatkan bantuan dari Singapura, Malaysia, dan Australia.

“Kekuatan yang terlibat hari ini sama dengan yang kemarin hanya ada tambahan baik kapal dan pesawat dari TNI AD dan Polri, termasuk ada satu kapal yang akan ikut join pada kita.

“Hari ini juga ada tambahan bantuan adalah dari Korea Selatan. Ada pesawat dari Korea Selatan menambah kekuatan kita,” ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henry Bambang Soelistyo di kantornya di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (30/12).

Selain itu, Basarnas juga akan mendapatkan bantuan dari Amerika Serikat.

“Kemudian ada entah hari ini atau besok, adalah Amerika. Amerika ada kapal yang di Singapura yang kebetulan mempunyai dua helikopter kemudian kapal juga mempunyai sistem sonar. Mereka ingin membantu kita saya terima dan kemungkinan bisa hari ini atau besok mereka sudah join kepada kita,” ungkap Henry.

Tiongkok juga menawarkan bantuannya kepada Basarnas.

“Tetapi pelaksanaanya menunggu form perencanaan mereka. Tapi mereka menyampaikan akan mengirim dua buah pesawat dan dua buah kapal,” ujar Henry. 

“Pada prinsipnya untuk semangat kita mencapai hasil yang kita inginkan bantuan itu kita terima. Mereka akan bersama-sama melakukan operasi bersama dengan kekuatan kita yang ada di dalam.” —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!