Jakarta banjir, meme lucu dan kritis pun bertebaran

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jakarta banjir, meme lucu dan kritis pun bertebaran

AFP

(UPDATED) Tak semua warga Jakarta serius mencari 'kambing hitam' atas bencana ini. Banyak mengungkapkan keprihatinan atas bencana banjir dengan mengunggah meme-meme lucu.

 

Sepasang warga Jakarta sedang duduk di atas motornya di tengah banjir. 10 Februari 2015. Foto oleh Bay Ismoyo/AFP

JAKARTA, Indonesia – Banjir melanda Jakarta sejak Senin (9/2) kemarin hingga hari ini, Selasa (10/2). Bukan hanya daerah-daerah langganan banjir yang terendam. Tapi juga Istana Negara. 

Gubernur Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama pun memerintahkan dinas untuk segera mengaktifkan pompa air. Tapi eksekusi itu tak bisa segera dilakukan, karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) tiba-tiba memadamkan aliran listrik. (BACA: Jakarta darurat banjir? Fasilitas umum lumpuh dan warga mengungsi). 

Lalu siapa yang berhak disalahkan? Sebelum warga Jakarta saling menyalahkan dan menuding siapa pihak yang bertanggung-jawab, Gubernur Ahok berinisiatif untuk meminta maaf terlebih dahulu. “Makanya kita meminta maaf. Kita sudah kerja keras. Tapi kita tak sangka hujan begitu besar volumenya,” kata Ahok. (BACA: Tak siap banjir, Ahok minta maaf). 

Meski Ahok sudah meminta maaf, tapi penghuni Ibukota sendiri ‘saling menuding’. Ada yang menyalahkan gubernur, ada pula yang menyalahkan warga Jakarta sendiri yang tak disiplin. Seperti yang diunggah akun @DanielZiv 

Dalam meme yang diunggah akun Daniel, tampak warga Jakarta yang biasa membuang sampah di sungai atau sembarang tempat. Namun ketika banjir, mereka menyalahkan pemerintah. Menurut Anda?

Sementara itu, di balik maraknya tudingan pada pemerintah kota, akun @binamargajaksel mencoba untuk memberikan klarifikasi dengan mengunggah aktivitas para pekerja di lapangan.

Seperti yang tampak pada postingan Bina Marga pada hari ini di twitter:  

–Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!