#SaveHajiLulung jadi trending topic

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

#SaveHajiLulung jadi trending topic
Lulung tak hanya berhadapan dengan Gubernur Ahok, tapi juga dengan netizen di tanah air. Netizen menyindir dan mengecam anggota DPRD Ibukota dari PPP ini, seperti apa pesan-pesan dari kampanye hastag #savehajilulung semalam?

JAKARTA, Indonesia— Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Abraham ‘Lulung’ Lunggana hendak diselamatkan? Untuk apa? 

Setidaknya itu yang ada di benak netizen sejak tadi malam. Dengan tagar #savehajilulung mereka merajai tangga tren twitter tanah air. Dan pada Jumat siang, 6 Maret 2015, hastag #savehajilulung pun menduduki peringkat atas di perbincangan linimasa dunia. 

Tunggu dulu, tagar #savehajilulung ini bukan benar-benar untuk menyelamatkan Haji Lulung, tapi justru sebaliknya.

Netizen bereaksi keras terhadap sikap anggota dewan dari PPP ini atas ulahnya di rapat mediasi antara Gubernur Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama dan DPRD Ibukota, yang membahas penyusunan anggaran pendapatan dan belanja negara di Kementerian Dalam Negeri, Kamis kemarin, 5 Maret 2015. 

Mereka, tepatnya, mengecam Lulung, karena menyerang Ahok yang mempertanyakan dugaan adanya dana siluman di rancangan APBD tersebut senilai Rp 12 Triliun. (BACA: Polemik APBD 2015: DPRD DKI Jakarta ancam pemakzulan Ahok)

Terjadilah ribut-ribut antara Ahok dan Lulung di pertemuan itu. Ahok mendesak Walikota Jakarta Barat Anas Effendi untuk menjelaskan dugaan adanya dana siluman berupa pembelian perangkat uninterruptible power supply (UPS) untuk kantor kelurahan dan kecamatan di wilayah tersebut. 

Lulung dan anggota dewan lainnya tak terima, karena Ahok dianggap tidak sopan. Terlontarlah kata-kata seperti, “Ini gubernur atau preman.” Suasana pun memanas. (BACA: Mediasi Ahok dan DPRD berujung makian)

Netizen ikut marah

Bukan hanya di ruang mediasi saja, netizen di media sosial juga ikut marah. Tercetuslah ide untuk mempopulerkan hastag #savehajilulung. Para netizen berbahu-bahu mempopulerkan hastag ini, dan hanya dalam beberapa jam saja, hastag #hajilulung duduk di peringkat atas trending topic Indonesia. 

Seperti apa pesan-pesan yang tersirat dalam hastag #savehajilulung? Baca:

 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!