Enam tempat wisata di Sentul

Johana Purba

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Daripada menempuh stress menempuh kemacetan ke Puncak atau Bandung, Sentul bisa jadi alternatif liburan yang menarik

Air Terjun Bidadari di Sentul. Foto dari www.sentulparadise.com 

JAKARTA, Indonesia — Ketika kemacetan tak kenal waktu di Jakarta dan kemacetan panjang ke daerah Puncak, Bandung dan sekitarnya pada akhir pekan, warga Jakarta bisa melirik daerah-daerah wisata di sekitar Jakarta. 

Inilah beberapa tujuan wisata yang cukup menarik di Sentul: 

 

1. Air Terjun Bidadari

Air terjun pengantin setinggi 40 meter terletak di desa Bojongkoneng, Sentul. Perjuangan untuk ke sana memang terjal dan berliku, mulai dari Perumahan Sentul City, kemudian menapaki arena ‘off road’ yang tak mudah dilalui. Lokasinya sekitar 14 kilometer dari gerbang tol Sentul Selatan. 

Perjalanan yang agak sulit ke sana terobati dengan pemandangan air terjun yang mengalir deras ke kolam renang buatan di bawahnya. Di sana juga terdapat arena jajan, saung, seluncur dan ban air. 

Tempat ini juga dikenal dengan Sentul Paradise Park.

Jam buka loket: Pk. 7.30 – 17.00 WIB. 

Petunjuk arah klik di sini

 

2. Resto Ah Poong

Restoran Ah Poong. Foto Facebook Ah Poong

Bila akhir pekan kerap kamu habiskan di pusat perbelanjaan, makan dengan pemandangan Sungai Cikeas  bisa menjadi alternatif yang menarik.Untuk sampai ke tempat parkir dari pusat perbelanjaan, pengunjung harus menyeberangi sungai melalui jembatan gantung. 

Menu makan yang beragam tersedia di 3 area food court Eat & Eat. Di area A terdapat banyak kedai makanan seperti Snow Ice, Bakmi Kepiting, Bakso Aheng, serabi dan es durian. Sementara di area B ada Nasi Campur Bali, Bebek Goreng, pempek dan Nasi Langi. Di area ekstension ada Bubble Tea, Ice Cream Gentong, Mie Aceh, Peyeum Pasir Sagita dan Laksa. 

Yang terkenal di sana adalah Nasi Goreng Guan Tjo dari Bogor dan Snow Ice Singapore. 

Jam buka: Senin – Jumat Pk 10.00 – 22.00 WIB. Sabtu, Minggu & hari libur nasional Pk. 07.00-22.00 WIB

 

3. Jungleland Sentul

 Wahana Disk'O di Jungle Land, Sentul. Foto www.jungleland.co.id

Tempat lain yang cocok untuk wisata keluarga adalah JungleLand Sentul. Taman hiburan tematik ini memiliki 41 wahana permainan dan Science Center yang tersebar di 4 zona: Carnival, Tropicalia, Eksplora dan Mysteria. 

Untuk anak balita, ada Kiddy Land. Sementara itu, untuk anak-anak yang lebih besar, ada berbagai wahana seperti balapan di Daytona dan perahu ayun Ship Adventure. Untuk anak yang lebih besar dan remaja, bisa bermain water flume, bumper car, menyusuri rumah horor haunted house dan rollercoaster. 

Untuk yang suka tantangan, bisa mencoba berayun di piringan raksasa Disk’o, menguji nyali ketinggian di wahana Mega Drop, atau berayun di bandul raksasa dengan kemiringan 102 derajat di ketinggian 20 meter di wahana Discovery. 

Di Science Center, selalu ada pameran edukatif yang berganti tema setiap 6 bulan sekali. Dulu temanya adalah Robot Zoo, namun belum lama ini temanya adalah Dunia Dino. 

Jam buka: Pk. 10.00 – 21.00 WIB. 

  

4. Ecoartpark

Ecoartpark adalah area terbuka hijau di Sentul yang dibagi menjadi 3 zona, Taman Ilmu Pengetahuan, Taman Patung dan Taman Bambu. Di Taman Ilmu Pengetahuan, pengetahuan alam dikemas dalam permainan yang menarik. Anak-anak bisa belajar melalui alat peraga tentang bagaimana memindahkan air dari tempat rendah ke tinggi, bagaimana gelombang suara bekerja di telepon, bersepeda di atas tali menyeberangi sungai. 

Di Taman Patung, ada banyak patung-patung replika maestro patung ternama dunia seperti Salvador Dali dan Bataro. 

Dari Taman Patung, ada jembatan yang menghubungkan ke Taman Bambu di mana anak-anak bisa mempelajari peranan bambu di kehidupan masyarat Indonesia dan rumah bambu karya pakar bambu Jatmika. 

 

5. Balapan di Sentul

 

 

Selain pembalap sungguhan, pembalap amatir bisa juga menikmati sirkuit sentul. Area yang digunakan adalah sentul kecil, biasa digunakan untuk go kart atau balap motor amatir. Untuk sewa sirkuit seharian dikenakan Rp 150 ribu , untuk sewa pit atau padock dikenakan Rp 100 ribu , dan bisa muat 3 motor. Bagi agan bikers, baiknya sewa di hari kerja, karena akhir pekan biasanya untuk yang mau go karting.

 

6. Wisata alam ke Gunung Pancar

Foto www.gunungpancar.com 

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Wisata Alam Gunung Pancar, seperti pendakian, berkemah, berkuda, bersepeda dan lintas alam di hutan pohon pinus. 

Selain aktivitas di alam bebas, di area ini juga tersedia permandian air panas dan penginapan Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa. Permandian air panas ini tidak mengandung belerang, namun disebutkan memberikan manfaat kesehatan seperti melancarkan sistem peredaran darah dan membantu mengeluarkan toksin. — Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!