Detik-detik 2 pesawat aerobatik Indonesia jatuh di Malaysia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Detik-detik 2 pesawat aerobatik Indonesia jatuh di Malaysia
Pesawat ini berpapasan sebelum jatuh. Seberapa dekat mereka menyerempet satu sama lain? Ini detik-detik kedua pesawat beraksi sebelum jatuh.

JAKARTA, Indonesia — Dua pesawat aerobatik tim Jupiter Indonesia jatuh saat melakukan latihan sesi terakhir dalam rangka Langkawi International Maritime and Aerospace (Lima) 2015, Minggu, 14 Maret 2015. 

“Kejadiannya sekitar pukul 2 siang, ketika dua pesawat aerobatik dari tim Jupiter sedang melakukan gladi bersih untuk sebuah pertunjukan di Langkawi, Malaysia, mereka berpapasan dan jatuh,” kata juru bicara Tentara Nasional Indonesia Fuad Basya pada AFP, Minggu, 14 Maret 2015

Saat itu pesawat tipe KAI KT-1B Woongbi itu terbang bersama-sama, total enam pesawat yang meluncur ke udara. Pesawat-pesawat itu sebelum jatuh, seperti dilaporkan thestar.com sempat melakukan atraksi saling melintas atau menyerempet satu sama lain.  

Dari video yang diunggah akun bernama Plane Crashertampak jelas pesawat aerobatik milik tim Jupiter Indonesia berpapasan dan bahkan menyerempet pesawat lain yang datang dari arah yang berbeda. Dan muncullah percik-percik api dari pesawat.  

Dari video yang diunggal Plane Crashed di youtube, terlihat di pojok kanan atas, dua pesawat tim Jupiter sangat dekat, sehingga saling menyerempet satu sama lain, dan timbullah percikan api. Lokasi di Bandara Langkawi, Malaysia, Minggu, 14 Maret 2015. Screen shoot dari Youtube

Lalu pesawat itu tak lagi utuh, melainkan terbang bagaikan segumpal bara api dan jatuh bak meteor ke daratan. 

Pesawat akrobatik dari tim Jupiter sesaat setelah menyerempet pesawat yang lain, timbul percikan api dan asap hitam menggumpal, lokasi di Bandara Langkawi, Malaysia, Minggu, 14 Maret 2015. Screen shoot dari Youtube

Sesaat kemudian tampak asap hitam mengepul, dan puing-puing pesawat terlempar ke udara bersama api yang membara. 

Kemudian dari video lain di Youtube yang diunggah warga, tampak pesawat itu jatuh di sebuah perkampungan, tak jauh dari bandara.  Warga pun berbondong-bondong menuju kepulan asap. 

Pesawat akrobatik tim Jupiter Indonesia sesaat setelah jatuh di rumah warga, lokasi sekitar Bandara Langkawi, Malaysia, Minggu, 14 Maret 2015. Screen shoot dari Youtube

Dari video tersebut, diketahui pesawat jatuh di atap sebuah rumah. Warga pun langsung mengambil selang air, dan mencoba memadamkan bara api. 

4 pilot selamat 

Menurut thestar.com, pilot pesawat tersebut selamat, dengan cara menggunakan parasut. Mereka langsung dibawa ke rumah sakit terdekat di Langkawi. 

Beberapa pilot pesawat, dari video lain di Youtube yang diunggah warga, masih tampak syok dengan kejadian naas tersebut. Meski mereka selamat. 

Seorang pilot pesawat akrobatik tim Jupiter Indonesia terlihat menekuk badannya, ia diduga masih syok karena pesawatnya terbakar dan jatuh di Bandara Langkawi, Malaysia, Minggu, 15 Maret 2015. Foto screen shoot dari Youtube.

Seorang saksi mata bernama Markus Chong berkata, dia melihat dua pilot pesawat aerobatik itu terlempar dari pesawat dan mendarat dengan parasut.

Kondisi pilot akrobatik Indonesia sesaat setelah pesawat jatuh, di Langkawi, Minggu, 15 Maret 2015, masih syok. Foto screen shoot dari Youtube.

Juru bicara TNI Basya mengkonfirmasi kebenaran berita keselamatan para pilot tersebut. “Keempat pilot dari kedua pesawat selamat. Mereka memutuskan untuk keluar dari pesawat setelah menyadari pesawat sudah di luar kendali,” kata Basya seperti dikutip dari AFP. 

Selanjutnya, saat ini timnya sedang melakukan investigasi terhadap penyebab jatuhnya pesawat tersebut. —dengan laporan dari AFP/Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!