Indonesia wRap: 9 April 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 9 April 2015

AFP

Sebuah ledakan yang diduga berasal dari bom meledak di Tanah Abang. Partai Gerindra lantik kepengurusan baru dan gugatan praperadilan Suryadharma Ali terhadap KPK ditolak.

JAKARTA, Indonesia — Sebuah ledakan yang diduga berasal dari bom meledak di Tanah Abang. Pengusaha Sandiaga Uno bergabung dengan Partai Gerindra dan pameran Inacraft 2015 resmi dibuka.

KPK panggil SDA sebagai tersangka di ‘Jumat Keramat’

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA) sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyelenggaraan haji di Kementerian Agama 2012-2013 pada Jumat, 10 April. Namun Pelaksana Tugas (Plt) pimpinan KPK Johan Budi tidak menjelaskan kemungkinan SDA akan langsung ditahan pada Jumat tersebut, yaitu hari yang biasa dilakukan penahanan terhadap tersangka di KPK.

Sebelumnya, Rabu, 8 April, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan Suryadharma. “Permohonan pemohon ditolak untuk seluruhnya,” kata Hakim Tatik Hadiyanti. Baca beritanya di Rappler.com. 

Polisi duga korban ledakan Tanah Abang adalah perakit bom

Sebuah ledakan di belakang pos Polisi Tanah Abang, Rabu, 8 April, melukai setidaknya 4 orang. Meski belum diketahui penyebab pasti, namun Polisi menduga ledakan terjadi akibat bom rakitan. “Sepertinya bom. Kami mencurigai bom,” kata Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Hendro Pandowo. Sementara itu, Wakil Kapolri Badrodin Haiti mencurigai salah satu korban ledakan adalah perakit bom yang meledak pada pukul 14:50 WIB. “Dugaan sementara, korban terluka parah kemungkinan itu yang merakit,” kata Badrodin. Polisi sejauh ini menemukan barang sejenis paku, tapi tak menemukan detonator. Saat ini, keempat korban sudah dilarikan ke Ruma Sakit Pelni Petamburan.  

Gerindra lantik kepengurusan baru 

Pengusaha Sandiaga Uno, Rabu, 8 April, resmi dilantik menjadi anggota Dewan Pembina Partai Gerindra. “Saya terpanggil. Melihat komitmen Gerindra untuk berjuang bagi rakyat kecil sangat strategis. Karena alasan itu saya bersedia membantu,” kata Sandiaga seperti dikutip Liputan6.com. Selain Sandiaga, adik Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri juga dilantik menjadi Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra. Sebelumnya, Rachmawati pernah bergabung dengan Partai Nasdem. 

Nama-nama lainnya yang menghiasi kepemimpinan baru Partai Gerindra adalah mantan Panglima TNI Djoko Santoso, mantan Sekretaris Umum Ikatan Cendekiawan Muslim indonesia (ICMI) Marwah Daud Ibrahim, pengacara Elsa Syarief, dan mantan pendiri Partai Hanura Fuad Bawazier. 

Penyusup Garuda yang ingin bertemu Jokowi jadi tersangka

Screenshot dari Facebook Mario Ambarita.

Mario Ambarita, pemuda 21 tahun yang nekat masuk ke ruang roda pesawat Garuda Indonesia jurusan Pekanbaru-Jakarta, ditetapkan jadi tersangka oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub). “Dia telah dilimpahkan dari Otoritas Bandara kepada PPNS untuk diperiksa, saat ini statusnya sudah tersangka karena memasuki daerah bandara tanpa izin dan tindakannya membahayakan penumpang,” kata Kasubdit PPNS Rudi Rikardo, Rabu, 8 April.

Menurut Rudi, Mario telah melanggar Pasal 421 ayat (1), Pasal 433 dan Pasal 35 UU Penerbangan Nomor 1/2009. Ancaman hukumannya 1 tahun penjara dengan denda Rp 100-Rp 500 juta. Baca beritanya dalam bahasa Inggris di Rappler.com.

Inacraft modal penting hadapi MEA 2015

Jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, ajang ke-17 Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) diyakini membakar semangat pelaku industri kreatif dan kerajinan sebelum pasar di kawasan terintegrasi. “Pelaku industri kreatif dan kerajinan dapat mempromosikan serta memasarkan produknya melalui ajang bergengsi ini,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak, saat penyambutan pembukaan Inacraft, Rabu, 8 April. 

Hal tersebut diamini Jokowi. Menurutnya, produksi Indonesia dan potensi pasar ASEAN sangat besar. Ia  berharap Inacraft bisa menjadi ajang yang menyaring produk-produk kerajinan berkualitas baik yang bisa menyasar pasar global. Menurut laporan Tribunnews, Inacraft tahun ini menargetkan bisa mencapai nilai ekspor senilai 10 juta dolar AS. Pameran ini berlangsung dari 8-12 April 2015 di Jakarta Convention Center. 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!