Indonesia wRap: 1 Mei 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 1 Mei 2015

EPA

Untuk pertama kalinya, Hari Buruh Internasional diliburkan di Indonesia. Gubernur Ahok izinkan angkutan umum memasuki jalur busway dan pembangunan tol Trans Sumatera resmi dicanangkan.

JAKARTA, Indonesia — Untuk pertama kalinya, Hari Buruh Internasional diliburkan di Indonesia. Sementara itu, Gubernur Ahok akan mengizinkan angkutan umum memasuki jalur busway dan pembangunan tol Trans Sumatera resmi dicanangkan.

Car Free Day pada Hari Buruh pukul 06:00 – 13:00

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day pada Hari Buruh Internasional alias May Day, sejak pukul 06.00 WIB hingga 13.00 WIB, hari ini, 1 Mei 2015. Car Free Day mulai diberlakukan dari Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Barat hingga Patung Pemuda di Jalan Jenderal Sudirman. Ditlantas Polda Metro Jaya pun menurunkan sekitar 1.447 personel untuk mengatur arus lalu lintas dan melakukan pengawalan. Siang harinya, buruh akan bergerak menuju Gelora Bung Karno di Senayan dan akan kembali ke kawasan masing-masing pada pukul 17:00 WIB.

PK Tereksekusi mati Zainal Abidin terselip selama 10 tahun

Batu nisan Zainal Abidin. Foto oleh EPA

Meski telah meninggal dunia, Zainal Abidin masih meninggalkan sepenggal cerita. Menurut Detik.com, berkas permohonan peninjauan kembali (PK) Zainal telah diterima oleh Pengadilan Negeri (PN) Palembang pada 5 Mei 2005, tapi pihak PN baru mengirimkannya ke Mahkamah Agung 10 tahun kemudian, yakni 8 April 2015, hanya selang beberapa minggu sebelum tanggal eksekusi.

“PK baru diterima oleh Kepaniteraan Muda Pidana Khusus Mahkamah Agung pada 8 April 2015. Artinya dari tanggal 2 Mei 2005 sampai April 2015 berkas tersebut masih berada di luar Kepaniteraan MA. MA sendiri memeriksa perkara tersebut hanya satu minggu yakni diterima majelis tanggal 21 April 2015 dan diputus tanggal 27 April 2015,” kata panitera MA, Soeroso Ono, Kamis.

Ahok akan persilakan bus di Jakarta masuk jalur busway

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberi izin bagi seluruh bus angkutan umum non-TransJakarta untuk masuk ke jalur busway. Menurut BeritaSatu, Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama saat ini tengah mengkaji persoalan ini bersama konsultan dari The Australian Agency for International Development (AusAID) serta Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) dalam rangka uji coba revitalisasi angkutan umum. Namun ia memberikan satu syarat, yaitu bus-bus yang kualitasnya sudah buruk rupa harus berada di bawah naungan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta). 

Tanggapi Setkab, IMF Tegaskan Indonesia Sudah Bebas Utang 

Masih ingat rangkaian tweet mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengklarifikasi pernyataan Presiden Joko “Jokowi” Widodo perihal hutang Indonesia pada Dana Moneter Internasional (IMF)? Adviser Benedict Bingham menegaskan Indonesia tidak memiliki utang ke IMF, Rabu. Bingham menjelaskan utang yang tercatat di Statistik Utang Luar Negeri Indonesia berkaitan dengan fasilitas special drawing right (SDR) yang dialokasikan ke setiap negara anggota IMF. Menurutnya, IMF mengalokasikan SDR untuk semua negara anggota sesuai dengan kuota masing-masing di IMF. Selengkapnya di CNN Indonesia.

Jokowi canangkan pembangunan tol Trans Sumatera

Presiden Jokowi awali pembangunan tol Trans Sumatera. Foto oleh setkab.go.id

Presiden Jokowi pada Kamis pagi, 30 April, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Lampung. Rencana pembangunan konstruksi tol Trans Sumatera akan dibangun melalui tiga tahap. Total panjang tol Trans Sumatera dari Bakauheni-Bandar Lampung-Terbanggi Besar mencapai 140,410 km.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!