Polisi tangkap pembunuh aktivis Jopi Peranginangin

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polisi tangkap pembunuh aktivis Jopi Peranginangin
Polisi bertindak cepat, pelaku penusukan aktivis Jopi sudah ditangkap.

JAKARTA, Indonesia — Polda Metro Jaya mengaku telah menangkap pelaku pembunuhan aktivis agraria Jopi Peranginangin.

Ternyata tidak butuh waktu lama bagi polisi untuk meringkus penusuk Jopi, sejak ia tewas akibat luka tusuk, Sabtu, 23 Mei, dini hari. Setelah mengamati rekaman CCTV di lokasi kejadian di depan sebuah kafe di Kemang, Jakarta Selatan, kepolisian berhasil mengidentifikasi pelaku.

Ternyata pelakunya adalah anggota TNI Angkatan Laut. 

(BACA: Polisi masih dalami kasus pembunuhan aktivis Jopi Peranginangin

“Sudah terungkap pelakunya, satu orang,” jelas Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti, Senin, pada media. “Pelaku tunggal.”

Pelaku yang berinisial J merupakan tentara berpangkat tantama. Karena statusnya sebagai tentara, penanganan kasus diserahkan kepada Polisi Militer TNI Angkatan Laut.

“Sudah diserahkan ke yang berwenang,” kata Krishna. Polisi juga tidak menjelaskan apa motif di balik penusukan kepada Jopi tersebut.

#SolidaritasUntukJopi

Sementara itu di media sosial, sahabat dan rekan-rekan aktivis Jopi memulai gerakan Solidaritas Untuk Jopi. Mereka menuntut transparansi penyidikan insiden ini dari pihak kepolisian, baik dari pembukaan identitas tersangka maupun rekaman CCTV sebagai bukti. 

“Kalau sudah ada identitas, keluarin dong, ungkap. Sampai saat ini rekan-rekan Jopi belum mendapat kejelasan. Semua keterangan hanya berdasarkan kata saksi mata, bahwa pelaku sempat mengatakan ‘Saya tentara.’ Cuma itu yang kami tahu,” kata salah seorang sahabat Jopi, Dhyta Caturani, pada media

Petisi online untuk menuntut transparansi penyidikan juga sudah diluncurkan. Sayangnya, baru 375 orang yang menandatangani petisi ini. Kamu bisa turut menuntut keadilan untuk Jopi dengan menandatanganinya di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!