Pelancong kini lebih percaya sumber informasi online

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ternyata para pelancong kini tak lagi mencari buku panduan wisata sebelum merencanakan liburan.

JAKARTA, Indonesia — Sebuah riset mengungkapkan bahwa mayoritas pelancong kini lebih percaya situs online sebagai acuan perencanaan liburan.

Riset yang dilakukan oleh situs perjalanan Agoda.com pada bulan April dan Mei 2015 melibatkan lebih dari 5.500 responden di seluruh dunia. Responden ditanyakan preferensinya dalam mencari panduan ketika ingin merencanakan perjalanan.

Hasilnya, 34% mengaku memilih forum online sebagai sumber informasi terpercaya.

Pilihan terbanyak kedua jatuh pada blog dan situs perjalanan pribadi. Semakin banyak travel blogger yang berbagi tips dan cerita perjalanan mereka di situs pribadi atau media sosial sehingga buku panduan semakin ditinggalkan oleh para pencari informasi. 

Bila digabungkan dengan aplikasi perjalanan, sumber panduan online menjadi mayoritas dengan total 71%. 

Tak hanya mencari informasi, kini pelancong semakin gemar berbagi pengalamannya berwisata dengan publik, baik di media sosial atau melakukan ulasan sendiri.

   

Tak harus jadi travel writer untuk berbagi, sekedar menguggah foto di media sosial seperti Facebook dan Instagram pun sudah termasuk berbagi informasi (dan inspirasi) bagi calon pelancong lainnya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu masih memakai buku panduan perjalanan seperti seri Lonely Planet, atau kamu lebih suka membaca dan melihat-lihat cerita orang dari media sosial? —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!