Indonesia wRap: 1 Juni 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 1 Juni 2015

EPA

Golkar islah, Indonesia kena sanksi FIFA, dan selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

JAKARTA, Indonesia — Jokowi akan hadiri peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, FIFA jatuhkan sanksi untuk Indonesia, dan Jakarta 10 maraton dijuarai wajah lama. 

Jokowi akan hadiri peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 

Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan menghadiri peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar, Jawa Timur, kota kelahiran Presiden Sukarno, hari ini, Senin, 1 Juni. Kehadiran Megawati dikatakan adalah sebagai perwakilan dari keluarga Bung Karno. Sementara itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan sejumlah anggota DPR juga dijadwalkan hadir. 

Pada kesempatan yang sama, Jokowi dan Zulkifli dikabarkan akan meluncurkan gerakan ‘Ini Baru Indonesia’, sebuah gerakan untuk menyadarkan masyarakat terkait pentingnya nilai-nilai kebangsaan.  

Sanksi FIFA, Indonesia tak bisa ikut kualifikasi Piala Dunia 2018

Sanksi federasi sepak bola dunia (FIFA) untuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya turun, Sabtu, 30 Mei. Dengan demikian, Indonesia tidak dapat mengikuti babak kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019. Presiden Jokowi pun mengatakan bahwa sanksi ini dibutuhkan negara untuk membenahi persepakbolaan Indonesia.

“Pembenahan total artinya reformasi total, pembenahan organisasi pembenahan sistem pembenahan manajemen. Karena di tingkat pemain saya lihat bagus, prestasi individu bagus. Tapi di level ini harus ada pembenahan,” kata Jokowi. Selengkapnya di Rappler.com  

Pemerintah sesuaikan harga BBM 3 bulan sekali

Setelah menunda kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) awal Mei lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menetapkan penyesuaian harga BBM setiap tiga bulan sekali agar tidak sering berfluktuasi. “Kami akan menetapkan penyesuaian harga BBM selama tiga bulan sekali agar harganya stabil dan tidak menyusahkan masyarakat,” kata Menteri ESDM Sudirman Said, Minggu, seperti dikutip Antaranews.com.

Pemerintah akan menetapkan harga terendah dan harga tertinggi BBM. Saat harga dasar minyak lebih rendah dari harga terendah yang telah ditetapkan. 

Partai Golkar resmi islah

ISLAH GOLKAR. Petinggi Partai Golkar menyepakati empat poin rekonsiliasi. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Setelah sekian lama berkonflik, akhirnya dua versi Ketua Umum Golkar, Agung Laksono dan Aburizal “Ical” Bakrie, sepakat untuk berdamai dengan dimediasi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sabtu, 30 Mei. Salah satu alasan utama islah adalah, jika tidak, Golkar terancam tidak bisa ikut serta dalam Pilkada serentak yang akan diselenggarakan akhir tahun ini. Sesuai dengan keputusan Mahkamah Partai Golkar, pemilihan Ketua Umum akan diselenggarakan dalam Munas partai pada 2016. Selengkapnya di Rappler.com. 

Jakarta 10K maraton dirajai pelari Kenya

Untuk kesekian kalinya pelari asal Kenya Silas Kipruto menjuarai lomba lari Jakarta Milo International 10K yang digelar Minggu, 31 Mei 2015. Kipruto melintasi jalur hanya dalam waktu 29 menit 31 detik. Bagi Kipruto, ini adalah kali keempat secara beruntun dia menjuarai Jakarta International 10K. Pelari berusia 30 tahun itu sebelumnya juga menang pada 2012, 2013, dan 2014. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!