Indonesia wRap: 8 Juni 2015

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 8 Juni 2015

GATTA DEWABRATA

Gerakan #SaveDahlanIskan menggema di media sosial, tangan kosong di Indonesia Open, Sinabung capai level awas.

JAKARTA, Indonesia — Dukungan untuk Dahlan Iskan mengalir dari warga Surabaya, Merah Putih tanpa gelar di Indonesia Open, dan persiapan akhir jelang pernikahan Gibran-Selvi. 

Jadi tersangka, Surabaya serukan #SaveDahlanIskan

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan dan pembangunan gardu listrik, Jumat, 7 Juni. Kasusnya terkait dengan kegiatan pembangunan 21 gardu di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara oleh PLN dalam kapasitasnya sebagai Dirut PLN pada anggaran tahun 2011-2013. Simpatisan Dahlan pun memberikan dukungan moral melalui penggalangan tanda tangan di atas kain putih di Surabaya dalam acara Car-Free Day di Surabaya, Minggu, 7 Juni.

“Kami bidik rekor Muri dari penggalangan tanda tangan dukungan ini,” kata penggagas Gerakan #SaveDahlanIskan, Ita Nasyi’ah. Tanda tangan itu ditargetkan mencapai 10 juta orang Indonesia. Sementara itu, Dahlan akan diperiksa sebagai tersangka untuk pertama kalinya pada Kamis, 11 Juni, mendatang.   

Tanpa gelar di Indonesia Open

Harapan meraih gelar di rumah sendiri kandas usai satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke final, Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii, kalah dari pasangan Tiongkok Tang Jinhua/Tian Qing, Minggu. Pasangan Nitya-Greysia menyerah dalam babak final dengan skor 21-11 21-10.

Rayakan HUT Jakarta, Ahok dan Djarot lepas peserta Jakarnaval 2015

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dan Wakil Gubernur Djaro Saiful Hidayat secara resmi melepaskan peserta Jakarnaval 2015 di Plaza Timur Taman Monas, Gambir, Jakarta, Minggu sore. Jakarnaval dilaksanakan dalam rangka HUT Jakarta ke-488 yang jatuh pada 22 Juni. Namun karena bertepatan dengan hari puasa, acara tersebut dimajukan menjadi 7 Juni. Acara ini dimeriahkan oleh puluhan artis ibu kota dan kesenian tradisional Betawi dan daerah lain. Menurut Djarot, Pemprov DKI menghabiskan Rp 8 miliar untuk penyelenggaran Jakarnaval.   

Sinabung level awas, ribuan warga dievakuasi

Gunung Sinabung kembali mengeluarkan asap. Akibatnya, ribuan warga desa di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dievakuasi, Minggu. “Gunung Sinabung tersebut, telah berubah dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (Awas),” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Jhonson Tarigan, seperti dikutip Antaranews.com. Pemindahan warga desa karena lokasi mereka yang berada di radius 7 kilometer dari kaki gunung yang beberapa hari belakangan mengalami peningkatan erupsi cukup tinggi.  

Jokowi hadiri rapat pernikahan Gibran-Selvi

Presiden Joko “Jokowi” Widodo menghadiri acara koordinasi, atau kumbokarnan, pernikahan putra pertamanya, Gibran Rakabuming Raka, dengan mantan Putri Solo 2009, Selvi Ananda, Minggu. Acara tersebut berlangsung di kantor perusahaan catering Gibran, Chilli Pari, Banyuanyar, Solo. “Ini pertemuan keluarga untuk membahas tugas-tugas pada saat hari H, tugasnya apa, harus berdiri di mana,” kata Gibran, jelang pernikahannya pada 11 Juni. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!