Untuk warga Jakarta, ini jadwal transportasi publik selama lebaran

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Untuk warga Jakarta, ini jadwal transportasi publik selama lebaran
Bus TransJakarta hanya akan beroperasi hingga pukul 19:00 pada malam takbiran dan mulai beroperasi pada pukul 9:00 pagi pada Hari Raya Idul Fitri.

JAKARTA, Indonesia — Karena berbagai alasan, mulai dari pekerjaan hingga karena memang warga asli, tak semua orang meninggalkan ibu kota Jakarta saat Hari Raya Idul Fitri.

Untuk kamu yang berlebaran di Jakarta, jangan khawatir. Meski jalanan sudah beranjak lengang, kamu tetap dapat menggunakan berbagai moda transportasi publik yang ada sebagaimana pada hari biasa, hanya dengan sedikit penyesuaian.

Dalam siaran pers yang Rappler terima dari PT Transportasi Jakarta, bus TransJakarta akan tetap beroperasi pada Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah yang diperkirakan jatuh pada 17 dan 18 Juli 2015, di seluruh koridor termasuk untuk Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) jalur Pluit-Monas.

Hanya saja jam operasional bus Transjakarta pada hari Idul Fitri, 17 Juli, akan dimulai lebih siang daripada biasanya. 

“Rencana kami bus reguler akan beroperasi selambat-lambatnya jam 09:30 WIB tapi kami usahakan pada jam 09:00 sudah mulai beroperasi,” kata Steve Kosasih, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta.

“Sementara bus wisata dan bus gratis akan mulai beroperasi jam 12:00 menyesuaikan dengan jam buka pusat perbelanjaan di Hari Raya Idul Fitri.”

Untuk waktu berakhirnya pelayanan selama Hari-H, menurut Steve tak akan ada perubahan termasuk untuk bus yang pada hari biasa beroperasi selama 24 jam.

Bagaimana dengan saat malam takbiran?

“Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, mungkin pada malam takbiran tanggal 16 Juli 2015 kami hanya akan beroperasi hingga pukul 18:00 atau paling lambat 19:00 WIB untuk mengantisipasi padat dan macetnya jalan serta resiko bahaya petasan.

“Pada dini hari Idul Fitri untuk AMARI (Angkutan Malam Hari) juga hanya akan beroperasi hingga jam 04:00 pagi untuk memberi kesempatan para pengemudi dan petugas bersiap-siap ibadah Salat Ied,” ujar Steve.

Jadwal KRL Commuter Line juga disesuaikan

Tak hanya bus Transjakarta, Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line juga tetap beroperasi selama Idul Fitri kendati akan membatalkan sejumlah jadwal.

Berikut detil dari jadwal yang akan dibatalkan baik untuk KRL lintas Bekasi dan KRL lintas Bogor.



Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!