Indonesia

Indonesia wRap: 17 September 2014

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 17 September 2014

AFP

Indonesia meratifikasi perjanjian asap lintas batas, peringkat perguruan tinggi Indonesia terus menurun, dan Timnas U-19 gagal menang melawan klub Spanyol.

 JAKARTA, Indonesia — Indonesia meratifikasi perjanjian asap lintas batas, peringkat perguruan tinggi Indonesia terus menurun, dan Timnas U-19 gagal menang melawan klub Spanyol.

1. Indonesia ratifikasi perjanjian asap lintas batas

DPR RI menyetujui untuk meratifikasi perjanjian kawasan mengenai asap lintas bantas, Selasa (16/9). 12 tahun setelah penandatanganan, Indonesia menjadi negara ASEAN terakhir yang meratifikasinya setelah muncul desakan dari Singapura dan Malaysia yang terkena imbas pembakaran lahan dan hutan di Sumatera. Manfaat yang akan Indonesia dapatkan meliputi mitigasi kebakaran hutan dan lahan, pertukaran teknologi dan kerjasama antar negara dalam mengurangi pencemaran asap. Selengkapnya di Rappler.com

2. Peringkat perguruan tinggi Indonesia menurun

Survei terbaru QS World Ranking menempatkan Universitas Indonesia pada posisi 310, turun satu peringkat dari tahun sebelumnya. Institut Teknologi Bandung (ITB) masuk ke kelompok ranking 461-470, diikuti Universitas Gadjah Mada (UGM) di kelompok 551-600 yang turun kelas dari kelompok 501-550. Lima universitas lainnya — Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Brawijaya — masuk ke dalam kelompok ranking 701+. Laporan selengkapnya di Rappler.com.

3. Sutarman dan teka-teki MH370

Kapolri Sutarman menjadi buah bibir media internasional akhir pekan lalu akibat komentarnya yang dikutip media lokal dimana ia mengatakan mengetahui keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370. Namun, Senin (15/9) ia membantah bahwa ia pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. Menurutnya, ia hanya membantu pihak kepolisian Malaysia mendapatkan informasi dari pembantu rumah tangga pilot MH370, yang kebetulan berasal dari Sumatera Utara. Selengkapnya di Rappler.com.

4. Dipecat PAN, Wanda Hamidah mendapat dukungan netizen 

Partai Amanat Nasional (PAN) memecat kadernya Wanda Hamidah karena mendukung Presiden terpilih Joko “Jokowi” Widodo. Pengguna sosial media memberi dukungan kepada Wanda setelah ia mengunggah surat pemecatan dirinya ke Twitter.

5. Timnas U-19 kalah dalam pertandingan persahabatan kontra Atletico Madrid B

Tim Nasional Indonesia U-19 kalah 1-2 dari Atletico Madrid B pada laga persahabatan yang digelar di Madrid, Spanyol, Selasa (16/9). Meski mencetak gol duluan, tim asuhan Indra Sjafri gagal memetik kemenangan. Pertandingan ini adalah laga pertama dalam tur Timnas U-19 di Spanyol. Berikutnya skuad Garuda Muda akan menghadapi Valencia B, Barcelona B, dan Real Madrid C.  Selengkapnya di Kompas.com. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!