Indonesia wRap: 18 September 2014

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 18 September 2014

AFP

Partai Demokrat berbalik arah dan mendukung pilkada langsung, seminar LGBT di Yogyakarta dibatalkan setelah mendapat ancaman dari grup radikal, dan Agnez Mo dan Noah masuk nominasi MTV Europe Music Awards

JAKARTA, Indonesia — Partai Demokrat berbalik arah dan mendukung pilkada langsung, seminar LGBT di Yogyakarta dibatalkan setelah mendapat ancaman dari grup radikal, dan Agnez Mo dan Noah masuk nominasi MTV Europe Music Awards.

1. Partai Demokrat dukung pilkada langsung

Partai Demokrat, yang memiliki jumlah kursi terbanyak di DPR RI, berbalik arah dan mendukung pilkada langsung, seperti yang telah dikonfirmasi Sekretaris Jenderal Edhie “Ibas” Baskoro Yudhoyono, Rabu (17/9).

“Terkait polemik RUU Pilkada, Partai Demokrat setuju dengan nafas reformasi dan pematangan demokrasi. Intinya harus sejalan dengan pemikiran rakyat termasuk aspirasi kepala-kepala daerah yang menginginkan hak politik warga negara RI tidak boleh dipangkas,” kata Ibas dalam siaran pers. Awal pekan ini Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengindikasikan bahwa partainya akan menolak pengesahan RUU Pilkada. Jika posisi Demokrat dipertahankan hingga sidang paripurna pekan depan, Demokrat dan tiga partai yang mendukung pilkada langsung — PDI-P, PKB, dan Hanura — akan menguasai 287 kursi dari total 560 kursi di DPR. Selengkapnya di Rappler.com. 

2. Belum siap kerja? Mahasiswa protes peraturan kuliah 5 tahun

Sejumlah organisasi mahasiswa lintas kampus menyatakan ketidaksetujuan terhadap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 tahun 2014 yang menyebutkan bahwa masa studi bagi mahasiswa untuk program sarjana maksimal 5 tahun. Saat inii, mahasiswa diizinkan paling lambat menyelesaikan masa kuliahnya selama 8 tahun. Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi demo pembatasan masa kuliah, seperti yang dilansir Liputan6.com. Mereka menilai peraturan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk membungkam sikap kritis dan kreatifitas mahasiwa. Baca lanjutannya di Tribunnews.com. 

3. Ormas Islam ancam boikot seminat LGBT di Yogyakarta

Seminar kajian ilmiah komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta dibatalkan, Rabu (17/9) setelah mendapat ancaman dari organisasi masyarakat Forum Umat Islam (FUI). Seperti yang dilaporkan Jakarta Post, perwakilan FUI menyatakan bahwa mereka khawatir akan indoktrinasi kaum LGBT terhadap masyarakat lokal. 

4. Sutradara ‘Act of Killing’ dapat penghargaan

SUKSES. Sutradara asal Amerika Serikat Joshua Oppenheimer (kiri) tiba di red carpet Venice International Film Festival untuk menghadiri pemutaran film dokumenter terbarunya ‘Senyap.’ Foto oleh Andrea Merole/EPA

Joshua Oppenheimer, sutradara film dokumenter ‘The Act of Killing (Jagal)’ dan yang bercerita tentang pembasmian komunis tahun 1965, mendapatkan penghargaan MacArthur Fellow, seperti yang dilaporkan LA Times. Oppenheimer berhak mendapatkan hadiah berupa $625,000 (Rp 7.5 miliar) yang akan dibayarkan selama lima tahun. MacArthur Fellow, yang sudah dilaksanakan sejak 1981, juga dinamakan “Beasiswa Genius”. Film terbaru Oppenheimer ‘The Look of Silence (Senyap)’ akan dirilis ke publik akhir tahun ini.   

GOING INTERNATIONAL. Berkat single terbarunya 'Coke Bottle', Agnez Mo masuk nominasi Best Southeast Asia Act di ajang MTV Europe Music Awards 2014. Foto oleh @agnezmo/Twitter

5. Agnez Mo, Noah masuk nominasi MTV Europe Music Awards 2014

Setelah melewati pekan pemungutan suara, Agnez Mo dan Noah resmi mewakili Indonesia dalam ajang MTV Europe Music Awards 2014. Keduanya dinominasikan dalam kategori Best Southeast Asia Act. Agnez Mo dan Noah akan bersaing melawan Yuna (Malaysia), Sarah Geronimo (Filipina), Ho Hgoc Ha (Vietnam), Stefanie Sun (Singapura), dan Slot Machine (Thailand), di acara yang akan digelar 9 November mendatang. Lebih lanjut di Yahoo.com—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!