Indonesia

Indonesia wRap: 19 September 2014

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah melemah, timnas U-23 maju ke perempatfinal Asian Games, dan manuver politik Partai Demokrat

JAKARTA, Indonesia — Rupiah melemah, timnas U-23 maju ke perempatfinal Asian Games, dan manuver politik Partai Demokrat merangkum serangkai berita di Indonesia selama 24 jam terakhir.

1. Rupiah melemah, tembus level Rp 12.000 per dollar

KEMBALI MELEMAH. Mata uang Rupiah melemah, tembus Rp 12.000 per dolar AS. Foto oleh AFP

Mata uang Rupiah melemah, tembus Rp 12.000 per dolar AS, Kamis pagi (18/9), untuk pertama kalinya sejak bulan Juni. Hal ini disebabkan tekanan dolar AS yang terus menguat sehingga mencetak level tertinggi setelah pengumuman kebijakan oleh The Federal Reserve, lapor Bloomberg. Bank Indonesia mengatakan tak ada yang perlu dikhawatirkan karena ini satu kondisi yang dipengaruhi oleh kondisi dunia, terang Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

2. Timnas U-23 babat Maladewa, maju ke 16 besar Asian Games

READY TO PLAY. Mascots named Barame (L), Vichuon (C) and Chumuro (R) pose on the flag plaza of the Athletes' Village for the 2014 Asian Games during a media tour in Incheon on August 26, 2014. Photo by Jung Yeon-Je/AFP

Tim nasional Indonesia U-23 meraih kemenangan besar 4-0 atas Maladewa di babak penyisihan Asian Games 2014, di Inchen, Korea Selatan, (Kamis). Hasil ini mengantarkan skuad asuhan pelatih Aji Santoso lolos ke babak 16 besar. Pada pertandingan sebelumnya tim u-23 membabat Timor Leste 7-0. Pertandingan terakhir grup akan mempertemukan Indonesia dengan Thailand, Senin (22/9). Selengkapnya di Tribunnews.com. 

3. 10 syarat Demokrat setujui pilkada langsung

Partai Demokrat sudah mengatakan bahwa fraksi di DPR akan mendukung pilkada langsung, tapi Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menegaskan sepuluh syarat yang harus dimasukkan ke dalam pasal RUU Pilkada. Sepuluh syarat itu antara lain mencakupi uji publik atas integritas kepala daerah, larangan melakukan kampanye gelap, dan pencegahan kekerasan. Selengkapnya di Tempo.co.

4. Gerindra ajukan uji materi untuk hadang Ahok

MANTAN GERINDRA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama siap menjadi gubernur tak berpartai. Foto oleh AFP

Partai Gerindra mendaftarkan uji materi undang-undang tentang pemerintahan daerah ke Mahkamah Konstitusi dalam upayanya untuk menjegal Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, Kamis (18/9), seperti yang dilaporkan Tempo.co. Ahok mengundurkan diri dari Gerindra awal bulan ini karena merasa tak memiliki visi yang sama dalam kasus RUU Pilkada. Untuk mengulangi kejadian serupa, Gerindra menginginkan agar kepala daerah “diberhentikan dari jabatannya jika rekomendasi pencalonannya dicabut oleh partai pengusung.”

5. Mantan kepala Dinhub Jakarta ditahan terkait pengadaan bus TransJakarta 

Mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono resmi ditahan Kejaksaan Agung, Rabu (17/9) malam, lapor Kompas.com. Udar sebelumnya ditetapkan menjadi tersangka atas kasus pengadaan bus TransJakarta karatan pada tahun 2013 senilai Rp 1,5 triliun. Ia berdalih bahwa Gubernur DKI Jakarta Joko “Jokowi” Widodo terlibat dalam kasus yang menyebabkan dipecat dari jabatannya Februari lalu. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!