Indonesia wRap: 22 September 2014

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Indonesia wRap: 22 September 2014

AFP

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Gerindra tunjuk Prabowo sebagai ketua umum, dan PDI-P kembali pertahankan Megawati sebagai ketua umum, adalah berita utama yang terjadi di Indonesia selama akhir pekan.

JAKARTA, Indonesia — Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Gerindra tunjuk Prabowo sebagai ketua umum, dan PDI-P kembali pertahankan Megawati sebagai ketua umum, adalah berita utama yang terjadi di Indonesia selama akhir pekan.

1. Ahok ingin Asian Games 2018 tiru Cina

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama memiliki harapan tinggi untuk Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta, seperti yang dikutip dari Tempo.co. “Kami ingin sedikit meniru Guangzhou, tapi lebih wah,” kata Ahok merujuk ke Asian Games 2010 yang berlangsung di Guangzhou, Cina. Indonesia diresmikan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, seperti yang telah diumumkan Dewan Olimpiade Asia (OCA), Jumat (19/9). OCA memilih Indonesia setelah Vietnam mengundurkan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2019 karena keterbatasan dana. Meski awalnya dijadwalkan diadakan pada 2019, Indonesia memajukan perhelatan ini karena bertepatan dengan pemilihan umum legislatif dan presiden. Meski hanya memiliki waktu persiapan 4 tahun, Indonesia yakin akan mampu memenuhi semua persyaratan untuk menjadi tuan rumah. Selengkapnya di Rappler.com.  

2. Prabowo rangkap jabatan jadi Ketua Umum Gerindra; Megawati tetap Ketua Umum PDI-P 

TETAP BERKUASA. Megawati Soekarnoputri terpilih lagi jadi ketua umum PDI-P untuk lima tahun ke depan. Foto oleh EPA

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, secara aklamasi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Gerindra yang baru, Sabtu (20/9), menggantikan Suhardi yang meninggalkan Agustus lalu. Masa jabatan Prabowo sebagai ketua umum hanya sementara hingga Gerindra mengadakan kongres pertamanya pada tahun 2015, seperti yang dilaporkan Kompas.com. Dengan demikian, Prabowo mengikuti jejak Susilo Bambang Yudhoyono yang juga merangkap jabatan sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Partai Demokrat. Sementara itu, hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menetapkan Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Umum PDI-P periode 2015-2020, Sabtu (20/2). Penetapan tersebut, menurut Megawati, berdasarkan aspirasi seluruh kader PDI-P di tiga pilar partai, yaitu struktur, legislatif dan eksekutif, seperti yang dilaporkan Tempo.co. 

3. Indonesia raih 3 medali di Asian Games; tim bulutangkis gagal melaju ke semifinal

MEDALI PERTAMA. Juwita Niza Wasni (kiri) adalah peraih medali pertama untuk Indonesia setelah meraih medali perak dalam cabang wushu di Asian Games 2014, Sabtu (20/20). Foto oleh Bay Ismoyo/AFP

Tim bulu tangkis putra dan putri Indonesia gagal melangkah ke semifinal Asian Games 2014, Minggu (21/9). Tim putra Indonesia takluk 1-3 dari tim putra Taiwan. Satu-satunya kemenangan Indonesia dipersembahkan pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang mengalahkan Tsai Chi Hsin/Lee Sheng Mu. Hasil ini menyusul kekalahan tim putri Indonesia yang kalah 0-3 atas tim putri Jepang, Sabtu (20/9). Dari hasil keseluruhan cabang olahraga yang diikuti, Indonesia berhasil menyabet 3 medali — dua perak dan satu perunggu. 

 4. Garuda Indonesia raih penghargaan terbaik di kawasan

Maskapai Garuda Indonesia terpilih sebagai pemenang penghargaan Passenger Choice Awards 2014 untuk kategori Best in Region: Asia and Australasia selama dua tahun terakhir dari Airline Passenger Experience Association (APEX), Sabtu (20/20). Garuda berhasil mengungguli Singapore Airlines, Cathay Pacific, Korean Air dan EVA Air. Sebelumnya, Garuda juga menerima penghargaan Gold Award dari The Pacific Asia Travel Association (PATA) untuk pelayanannya: konsep layanan Immigration on Board untuk kategori Marketing Carrier, dan konsep layanan Garuda Indonesia Experience untuk kategori Heritage.

5. Tidak sabar tunggu iPhone 6?

IPHONES Image from Apple.

Meski belum ada tanggal resmi kapan iPhone 6 akan diluncurkan di Indonesia, puluhan ribu pengunjung padati peluncuran iPhone 6 di Singapura, Jumat (19/6). Menurut laporan The Straits Times, banyak pembeli asal Indonesia yang akan menjual iPhone 6 tersebut melalui Batam. Toko-toko penjual handphone di Batam mengakui sudah menerima kiriman barang dan akan siap dijual pekan depan. Harganya pun lumayan jauh lebih tinggi dari harga asli, sebesar Rp 15,4 juta untuk iPhone 6 dengan kapasitas 16 GB. Harga asli yang dijual di Singapura hanya Rp 9,4 juta. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!