Selebriti yang sukses dalam Pilkada Serentak 2015

PILKADA SERENTAK 2015. Calon Gubernur Jambi nomor urut dua Zumi Zola Zulkifli (kanan) bersama istri Sherrin Tharia (kiri) bersiap memasukkan surat suara untuk menggunakan hak pilih pada pemilihan kepala daerah serentak di TPS 4, Kelurahan Rano, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Jambi, Rabu, 9 Desember. Foto oleh Wahdi Septiawan/ANTARA

PILKADA SERENTAK 2015. Calon Gubernur Jambi nomor urut dua Zumi Zola Zulkifli (kanan) bersama istri Sherrin Tharia (kiri) bersiap memasukkan surat suara untuk menggunakan hak pilih pada pemilihan kepala daerah serentak di TPS 4, Kelurahan Rano, Muara Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Jambi, Rabu, 9 Desember.

Foto oleh Wahdi Septiawan/ANTARA

JAKARTA, Indonesia—Pilkada Serentak sukses terlaksana dengan lancar Rabu, 9 Desember kemarin.

Di antara 829 pasangan calon yang bertarung di 269 daerah, terdapat sejumlah selebriti yang beradu nasib menjadi pemimpin daerah, baik di tingkat provinsi, maupun di tingkat kota/kabupaten.

Pasha “Ungu” terpilih sebagai wakil walikota Palu

Sigit Purnomo alias Pasha “Ungu” yang menjadi calon wakil walikota Palu berpasangan dengan Hidayat, unggul sementara dengan perolehan 44,4% suara. Sementara rival mereka, Hadianto Rosyid - Wiwik Jumatul Rofiah meraih suara 20,45%, dilanjutkan dengan Habsa Yanti Ponulele-Tamrin Samauna dengan 21,37% suara, dan Mulhanan Tombolotutu - Tahmidi Lasahido dengan 14,14% suara.

"Iya, untuk sementara kami unggul dari tiga pasangan lainnya," kata Hidayat via telepon, Rabu, 9 Desember.

Pasangan yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu hampir unggul di semua TPS di delapan kecamatan di Kota Palu.

Zumi Zola unggul di Jambi

Sementara itu, berdasarkan hasil hitung cepat, artis Zumi Zola Zulkifli keluar sebagai pemenang dalam pemilihan gubernur Jambi, bersama wakilnya Fachrori Umar.

Sebelumnya, Zumi Zola menjabat wakil bupati Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016, berpasangan dengan Ambo Tang.

Menurut hasil hitung cepat Indo Barometer dan Charta Politika, Rabu pukul 14.30 WIB yang disiarkan beberapa televisi nasional, Zumi Zola dan Fachrori sementara mengumpulkan 58,93% persen suara dari total 81,67% suara yang sudah terhitung.

Begitupun hitung cepat yang dilakukan oleh lawannya, tim pemenangan Hasan dan Edi. Pasangan yang didukung Partai Demokrat ini harus mengakui keunggulan Zumi Zola dan Fachrori.

Hasil hitung cepat yang dilakukan tim Hasan dan Edi menunjukkan pasangan itu menang di tiga kabupaten dan satu kota yakni Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Sedangkan Zumi Zola dan Fachrori unggul enam kabupaten dan satu kota yakni Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Batanghari, Tebo, Muarobungo, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Timur.

Helmy Yahya kembali gagal

Setelah mengikuti Pilkada untuk yang ketiga kalinya, Helmy Yahya kembali gagal memperoleh suara terbanyak sebagai bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Berdasarkan penghitungan cepat pada Rabu, 9 Desember, presenter kondang yang berpasangan dengan Muchendi Mahzareju tersebut kalah dari pasangan AW Nofiadi dan Ilyas Panji Alam yang merupakan anak dari mantan bupati Ogan Ilir.

Pasangan AW Nofiadi-Ilyas Panji Alam memperoleh suara sekitar 48 persen sedangkan Helmy Yahya-Muchendi memperoleh suara 42 persen. Sepuluh persen sisanya diperoleh oleh pasangan nomor urut tiga Sobli dan Taufik Toha. —Rappler.com

BACA JUGA: