60 berkas kasus kebakaran hutan sampai di kejaksaan, 80 orang jadi tersangka

BAKAR HUTAN. Petugas pemadam kebakaran menjinakkan api di Ogan Komering Ilir, Sumatera Utara, 14 September 2015. Foto oleh Adi Weda/EPA

BAKAR HUTAN. Petugas pemadam kebakaran menjinakkan api di Ogan Komering Ilir, Sumatera Utara, 14 September 2015.

Foto oleh Adi Weda/EPA

JAKARTA, Indonesia — 60 berkas kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan telah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan. Sebelumnya, sebanyak 263 kasus dugaan karhutla telah ditangani kepolisian hingga Jumat akhir pekan lalu.

Sejauh ini dari seluruh kasus, 80 orang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri). 206 kasus melibatkan pihak perseorangan, sementara 57 lainnya melibatkan korporasi.

"Sudah ada 80 tersangka saat ini, nanti hukumannya tergantung keputusan pengadilan," ujar Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar di Jakarta, Selasa, 27 Oktober. 

Para tersangka akan dituntut dengan pasal 108 Undang-Undang (UU) No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta terancam mendapat hukuman penjara maksimal sepuluh tahun serta denda maksimal Rp 10 miliar. dengan Laporan Antara/Rappler.com

 

BACA JUGA: